BAHAYA BESER PADA WANITA YANG SERING DISEPELEKAN

kebiasaan beser pada wanita yang merepotkan

Semua orang pasti mengenal istilah dari beser atau kebiasaan yang dikeluhkan akibat seringnya buang air kecil dengan frekuensi lebih dari 8 kali dalam sehari. Nah kebiasaan ini sering menimpa para wanita. Dan seringnya beser pada wanita kerap disepelekan. Apakah kamu termasuk kebiasaan beser ini?

Ada beberapa jenis kebiasaan beser pada wanita yang merepotkan ini. Pertama, keinginan buang air kecil yang sangat kuat dan tak dapat tertahankan (urgency). Kedua, keadaan dimana timbulnya keinginan yang kuat untuk kencing dan tak tertahankan alias bocor (incontinence). ketiga, adalah seringnya kecing pada malam hari disebut dengan Nocturia. Dan, ada kondisi semua gejala tersebut dialami bersamaan atau disebut sebagai Overactive Bladder (OAB) atau dalam bahasa indonesia disebut kandung kemih overaktif.

Apa Itu Beser atau Overactive Bladder?

Kandung kemih overaktif atau overactive bladder/ OAB adalah gangguan kandung kemih yang memicu keinginan tiba-tiba untuk buang air kecil. Keluhan ini sering terjadi pada wanita ketimbang pria. Beser pada wanita merupakan suatu proses yang sangat kompleks dan melibatkan organ-organ dan persyarafan yang cukup pelik. Kesehatan kandung kemih dan ginjal, penyumbatan dan masalah otot semua dapat menyebabkan beser.

Dalam fungsi normalnya, kandung kemih normal dapat menampung 250 cc hingga 500 cc urin. Jika kandung kemih sudah terisi lebih dari 250 cc maka syaraf pada kandung kemih akan mengirimkan sinyal ke otak untuk dilepaskan atau untuk menahan rasa kencing tersebut. Sementara pada Kandung kemih overaktif, sebelum urin tertampung hingga 150 cc, syaraf mengirimkan sinyal untuk segera dikosongkan.

Seringnya terjadi beser pada wanita

Umumnya satu dari lima orang dewasa di atas usia 40 tahun terkena kandung kemih overaktif atau gejala berulangnya frekuensi sering kencing.  85 persen dari orang tesebut adalah wanita. Selain itu, satu dari empat wanita mengalami kebocoran urin pada satu waktu atau di waktu lainnya.

Apa saja tanda-tanda dan gejala Beser?

Tanda-tanda kamu termasuk kondisi beser antara lain:

• Merasakan dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil yang sulit untuk di kendalikan
  • Urin keluar secara paksa setelah dorongan mendesak untuk buang air kecil (incontinesia-urgency)
  • Buang air kecil delapan kali atau lebih dalam 24 jam
  • Terbangun dua sampai lima kali di malam hari untuk buang air kecil (nocturia)

Meskipun kamu bisa dan tepat pergi ke toilet, nyatanya sering kencing pada malam hari dan tiba-tiba sangatlah mengganggu kehidupanmu dan juga bisa membahayakan kesehatanmu.

Penyebab terjadinya overactive bladder wanita

Beser pada wanita biasanya melebihi frekuensi normal untuk waktu yang lama dan dapat mengindikasikan berbagai kondisi medis tertentu.

Berikut beberapa penyebab beser pada wanita:

• Pertama, infeksi saluran kemih. Adanya rasa ingin selalu buang air kecil yang tak bisa ditahan, demam, dan nyeri pada perut bagian bawah menjadi tanda dari infeksi saluran kemih.

• Kedua, kandungan kemih yang terlalu aktif atau overactive bladder. Dimana otot kandung kemih berkontraksi secara berlebihan sehingga menyebabkankeinginan untuk kencing walaupun kandung kemih belum penuh.

• Ketiga, kelainan syaraf. Seperti parkinson, stroke, alzheimer. Kerusakan pada syaraf yang mengatur fungsi kandung kemih dapat memicunya beser.

Cara mengatasi beser pada wanita?

• Senam kegel
    Senam ini dapat menguatkan otot di sekitar kandung kemih dan uretra, sehingga dapat mengurangi dorongan buang air kecil. Mengendalikan kandung kemih dapat dilakukan dengan latihan yang berfokus pada panggul selama 5 menit.

• Menjaga pola makan
    Menghindari konsumsi makanan manis dan juga minuman keras, alhokol, kafein, soda dan pemanis buatan. Perbanyak mengonsumsi makanan kaya akan serat dan cukupi kebutuhan air putih dan sebaiknya hindari banyak minum pada malam hari.

• Melatih kandung kemih
    Caranya mudah yaitu dengan mengendalikan jarak waktu buang air kecil. Hal ini dapat mengurangi frekuensi buang air kecil serta melatih kandung kemih untuk menyimpan urin lebih lama. Cara lain untuk mengatasi beser pada wanita juga bisa kamu lakukan dengan cara melakukan akupuntur. Pengobatan alternatif ini dipercaya dapat membantu mengatasi masalah beser pada wanita dengan memanipulasi titik tertentu pada permukaan tubuh. Dari cara mengatasi di atas kamu juga sebaiknya perlu bicarakan kepada ahlinya dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Pengobatan Beser Pada Wanita di Klinik Pandawa Jakarta

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan berbagai penyebab dan komplikasi kulit dan kelamin. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link konsultasi atau hubungi  melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.