Beberapa Penyebab Nyeri Pada Kemaluan Wanita

Beberapa Penyebab Nyeri Pada Kemaluan Wanita
Beberapa Penyebab Nyeri Pada Kemaluan Wanita | Google Image

Ada Beberapa Penyebab Nyeri Pada Kemaluan Wanita bisa terjadi. Apabila anda merasa nyeri pada kemaluan anda, pasti ada yang tidak beres dengan vagina anda. Mendiagnosa penyakit di sekitar vagina kadang tidak mudah perlu ketelitian yang mendalam. Rajin-rajinlah melihat perubahan apa yang terjadi pada daerah vagina anda seperti munculnya cairan yang berlebihan, ada rasa nyeri atau rasa gatal agar anda mengetahui lebih dalam mengenai keadan vagina anda.

@kog

Berikut adalah penjelasan dari seorang profesor di Yale School of Medicine, menjelaskan 5 penyebab nyeri pada area vagina yang paling sering terjadi:

1. Herpes Gentalis

Banyak orang yang tidak yakin jika dirinya terkena Penyakit Menular Seksual (PMS). Namun misalnya Anda merasakan nyeri yang luar biasa pada area vagina, maka bisa saja ini adalah herpes. Gejala herpes genitalis adalah ada lecet dan terasa nyeri. Jika anda melihat ada benjolan dan lecet yang tidak biasa di area sekitar vagina maka hal yang dilakukan sebaiknya anda langsung pergi dan memeriksakan diri ke dokter spesialis. Meskipun tidak ada obat untuk herpes genitalis, dokter Anda bisa memberikan obat-obatan agar kondisi tidak memburuk dan menangani rasa nyeri yang dirasakan.

2. Infeksi Jamur

Vagina kering dan gatal adalah gejala yang sering kali dialami, dan terasa nyeri pada kemaluan wanita, karena vagina merupakan tempat yang cukup lembab. Kemungkinan besar 3 dari 4 wanita mengalami infeksi jamur. Meski ada banyak obat jamur yang ada di Apotek ada baiknya anda melakukan pemeriksaan khususnya ke dokter spesialis agar diperiksa dan diberikan obat yang tepat.

3. Vagina kering

Anda bisa saja berpikir vagina kering hanya dialami oleh wanita yang menopause, tetapi Anda salah. Ada sebagian pil KB yang sering digunakan. Namun pil KB rendah estrogen bisa mengganggu jumlah estrogen dalam tubuh, hal ini bisa mengakibatkan para wanita mengalami vagina kering. Apabila hal ini terjadi bisa mengakibatkan hubungan seksual jadi tidak nyaman bahkan menyakitkan. Estrogen bermanfaat sebagai pelembab. jika Anda memakai pil KB rendah estrogen maka vagina Anda bisa mengalami kekeringan. Apabila Anda vagina terasa kering dan tidak terlumasi layaknya biasanya, sudah saatnya untuk memeriksa diri ke dokter Anda. Keadaan ini mudah diatasi dengan mengganti pil KB Anda dan memberikan estrogen oles

4. Ukuran Penis Pasangan

jika anda merasa nyeri pada kemaluan wanita anda maka anda harus membedakan nyeri karena penetrasi atau karena vagina itu sendiri. Ketika kita melakukan hubungan seks yang belum bergairah maka vagina belum mengeluarkan pelumas yang cukup akibatnya vagina akan terasa nyeri jikal dilakukan penetrasi, apalagi jika penis sang pria memiliki ukuran yang besar

5. Endometriosis atau penyakit radang panggul

salah satu ciri penyakit radang panggul(Endometriosis) akibat dari infeksi pada organ reproduksi wanita adalah rasa nyeri yang terjadi ketika penetrasi dan saat menstuasi. Endometriosis terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim tumbuh di tempat lain. Jika anda mengalami hal seperti itu cepatlah periksakan diri anda ke dokter. Untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang anda rasakan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan panggul dan USG kemudian dokter akan memberikan terapi hormon dan obat penghilang rasa sakit.

Diatas adalah beberapa penyebab nyeri pada kemaluan wanita yang didominasi oleh penyakit kelamin wanita. Bila tidak ada masalah serius biasanya akan sembuh sendiri dalam satu atau dua hari. Namun bila terasa nyeri secara terus menerus maka jangan ragu lagi untuk datang ke dokter.

www.klinikpandawa.com adalah salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik yang ada di Jakarta yang menangani masalah penyakit Andrologi, Ginekologi, Bedah minor, Kulit dan Kelamin. Jika anda mengalami masalah pada organ reproduksi anda, anda bisa melakukan konsultasi online GRATIS dengan cara klik gambar di bawah ini. Privasi dan kerahasian anda di jamin aman. Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.