Anda Sering Buang Air Kecil? Inilah Beberapa Penyebabnya

Anda Sering Buang Air Kecil? Inilah Beberapa Penyebabnya
Anda Sering Buang Air Kecil? Inilah Beberapa Penyebabnya | Google Image
Sebagian orang akan merasakan sering buang air kecil ketika mereka merasakan cemas, panik, dan terlalu banyak minum air. Cemas dan panik bukan merupakan sebab utama keinginan untuk sering buang air. Kondisi tertentu dapat meningkatkan frekuensi keinginan untuk sering buang air kecil. Bahkan ada beberapa penyakit dengan gejala sering buang air kecil.

Bila anda mengalami buang air kecil lebih dari 8 kali sehari, maka anda bisa dikategorikan mengalami sering buang air kecil. Ukuran kandung kemih bukan merupakan penyebab seringnya keinginan untuk buang air kecil. Seringnya buang air kecil dapat menjadi gejala beberapa penyakit.

di bawah ini merupakan salah satu faktor penyebab seringnya keinginan untuk buang air kecil

Kehamilan

Saat kehamilan semakin membesar maka akan terjadi perubahan hormon serta tekanan pada kandung kemih yang dapat mengakibatkan rasa selalu ingin buang air kecil. Namun, frekuensi meningkatnya rasa ingin buang air kecil juga akan terjadi pada minggu-minggu awal.

Penggunaan Obat Diuretik

Banyak penderita hipertensi mengkonsumsi obat jenis diuretik. obat ini biasanya digunakan untuk menangani penyakit tekanan darah tinggi. Obat ini juga banyak digunakan pula untuk mengatasi menumpuknya cairan di ginjal dan membuang kelebihan cairan dari tubuh yang mengakibatkan anda sering buang air kecil.

Kandung Kemih Overaktif

Ketidak mampuan untuk mengontrol kandung kemih akan mengakibatkan gangguan kandung kemih yang overaktif atau sangat aktif. Meskipun kandung kemih tidak penuh terisi urine namun kontraksi kandung kemih terjadi secara tidak sadar. Penyebab masalah ini dapat berupa stroke, trauma, penurunan estrogen waktu menopause, bisa juga karena kelebihan berat badan.
Tidak hanya sering buang air kecil, kandung kemih overaktif juga memeliki gejala lain berupa keinginan untuk buang air kecil 2 kali atau lebih di malam hari (Nokturia), dan keiinginan untuk buang air kecil secara tiba-tiba

Masalah di Saluran Kencing

Penyebab seringnya buang air kecil juga bisa disebabkan karena infeksi saluran kencing dan batu ginjal. radang dan iritasi dapat terjadi pada dinding uretra dan kandung kemih karena infeksi pada saluran ginjal. iritasi inilah yang menyebabkan kita sering merasa ingin buang air kecil dan mengosongkan kandung kemih secepatnya.
Gejala penyakit sering ingin buang air kecil selanjutnya adalah batu ginjal. jika anda mengalami penyakit batu ginjal, anda akan selalu mengalami keiinginan buang air kecil di sepanjang hari, baik siang maupun malam.

Diabetes

Diabetes terjadi karena tubuh sudah tidak mampu lagi mengatur kadar gula dalam darah. Akibat dari glukosa yang berlebih dalam ginjal itu berupa banyaknya cairan yang melewati ginjal dan pada akhirnya harus dikeluarkan dalam bentuk urine, gejala ini disebut poliuria. Poliuria sendiri adalah dibuangnya glukosa yang berlebih melalui urine.

Masalah Prostat

Uretra akan ditekan dan menutup aliran urine ketika terjadi pembesaran prostat, sehingga sering mengakibatkan kandung kemih mengalami iritasi. kandung kemih saat teriritasi dapat berkontraksi dan meski tidak banyak urine didalamnya dapat memunculkan rasa ingin buang air kecil.

Kanker

Penyebab seringnya buang air kecil lainnya adalah kanker. Kanker yang mempunyai gejala sering buang air kecil adalah kanker prostat dan kanker kandung kemih. Kanker yang terjadi pada kandung kemih dapat mengakibatkan frekuensi urinasi meningkat karena pendarahan di kandung kemih. bukan hanya karena penyakitnya itu sendiri, obat atau terapi radiasi yang dilakukan untuk penanganannya juga bisa mengakibatkan kondisi ini.

Seringnya merasa ingin buang air kecil merupakan salah satu gejala terjadinya penyakit kelamin yang serius, jika ada gejala lain yang menyertai seperti rasa sakit saat buang air kecil atau bau urine dan warnanya yang tidak normal maka sebaiknya segera pergi dan memeriksakan kondisi anda ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang lebih akuarat.

Jika anda mengalami masalah sering buang air kecil Klinik Pandawa siap membantu anda, silahkan konsultasikan secara online GRATIS dengan cara klik gambar di bawah ini. Privasi dan kerahasian anda di jamin aman.