Pengertian Penyebab dan Gejala Kutil Kelamin

Cara Menghilangkan Kutil Kelamin
Cara Menghilangkan Kutil Kelamin | Google Image

Penyakit Kutil Kelamin atau jengger ayam, dalam bahasa kedokternnya disebut dengan kondiloma akuminata atau genital warts. Merupakan suatu jenis penyakit kelamin yang ditandai dengan munculnya beberapa benjolan yang menyerupai kutil atau daging tumbuh pada area kelamin. namun tidak semua benjolan yang tumbuh di kelamin memiliki bentuk dan ukuran yang sama pada masing-masing penderita. Sebagian ada yang berukuran kecil tapi banyak jumlahnya, ada yang menyerupai kembang kol dan ada juga yang menyerupai jengger pada ayam.

Penyebab Kutil Kelamin

Penyebab utama dari penyakit kondiloma akuminata ini adalah Human Papilloma Virus (HPV). Ini adalah suatu jenis virus yang cukup berbahaya, karena selain dapat mengakibatkan kutil, virus ini juga dapat menyebabkan kanker pada kelamin.

Gejala Kutil Kelamin

Gajala awal memang tidak mudah terdeteksi. Hal ini dikarenakan ketika seseorang baru terjangkit Virus Papilloma, tidak akan terlihat perbedaan sama sekali pada tubuh si penderita. Barulah setelah muncul benjolan pada area kelamin, penyakit ini akan mulai bisa dideteksi. Itupun munculnya biasanya dalam waktu yang cukup lama bisa 2 minggu sampai 6 bulan setelah terinfeksi virus. Hal tersebut dipengaruhi oleh daya tahan tubuh si penderita. Namun walaupun tidak terdeteksi, yang berbahaya dari penyakit ini adalah virusnya sudah bisa menular ke orang lain melalui hubungan seksual.

Pada seorang pria biasanya benjolan kutil ini akan muncul pada ujung mr. P, pada batang , dan buah zakar. Namun pada wanita biasanya akan muncul di bibir miss V, dan di bagian dalam miss v. Tetapi dalam beberapa kasus yang memang cukup jarang terjadi, benjolan bisa muncul di anus dan tenggorokan, pada pria atau wanita pelaku oral dan anal seksual.

Banyak diantara kita yang mungkin sudah tahu bahwa penyakit ini memalukan dan bisa membuat penderitanya menjadi frustasi. Penderita kadang merasa enggan melakukan pemeriksaan karena membayangkan dokter yang akan melihat organ kelaminya.

Ciri – Ciri Kutil Kelamin

Berikut beberapa ciri-ciri kutil kelamin yang bisa dideteksi atau dilihat dengan mudah :

• Munculnya Benjolan Seperti Daging Tumbuh atau Seperti Kutil Pada Area Kelamin, Anus , Mulut atau Tenggorokan.
  • Benjolan Bertekstur Keras dan Tidak Sakit Saat Disentuh.
  • Jika Benjolan Berada didalam Biasanya Akan Terasa Risih dan Sedikit Gatal.
  • Pada Wanita adanya Pendarahan Saat Berhubungan Intim

Cara Mencegah Agar Tidak Tertular Virus Kutil Kelamin

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar seseorang dapat terhindar dari virus kutil kelamin. Mau tahu apa sajakah itu? Berikut ulasannya :

• Setialah Kepada satu Pasangan
  • Konsultasi Kedokter
  • Hindari Mengkonsumsi Obat-Obatan Terlarang
  • Tinggal Di Lingkungan Yang Bersih
  • Selalu Jaga Kebersihan Organ Intim
  • Gunakan Pengaman Saat Berhubungan Intim

Macam Benjolan Pada Kutil Kelamin

Berikut beberapa bentuk benjolan pada kutil kelamin yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi, apakah penyakit yang Anda derita, kutil kelamin atau bukan. Inilah penjelasannya :

1. Bentuk Benjolan Yang Kecil-Kecil dan Banyak Jumlahnya
  2. Benjolan Yang Menyerupai Daging Tumbuh Jika Benjolan Berada di Dalam miss V.
  3. Benjolan Yang Menyerupai Kutil Pada Umumnya
  4. Bentuk Benjolan Seperti Kembang Kol dan Bertangkai
  5. Jenis Benjolan yang Besar dan Memanjang, Seperti Jengger Pada Ayam.

Faktor Penularan Penyakit Kutil Kelamin

Ada beberapa faktor “(Penularan Penyakit Kutil Kelamin)” yang mengakibatkan seseorang terkena kutil kelamin. Apa sajakah itu?, Dibawah ini penjelasannya :

• Melalui Hubungan Seksual

Penyebab utama penularan penyakit ini memang melalui hubungan seksual. Sehingga membuat penyakit yang satu ini dijuluki dengan penyakit menular seksual atau disingkat PMS. jika melakukan hubungan seksual secara bebas, maka resiko berhubungan intim dengan seseorang yang penderita bisa saja terjadi. Sehingga sangat beresiko tertular.

• Melalui Sarana Umum

Memang penularan penyakit kutil keamin melalui saran umum kasusnya jarang terjadi. Namun jika dicermati hal ini juga bisa memungkinkan seseorang tertular. jika seseorang yang terkena kutil kelamin menggunakan sarana seperti WC atau Kamar mandi umum, ditambah lagi tempat tersebut dengan Keadaan yang sangat kotor. Maka kemungkinan besar virus masih tertinggal di WC atau Kamar mandi tersebut, sehingga dapat menular ke pengguna selanjutnya.

• Lewat Alat Bantu Seksual

Jika Anda menggunakan alat bantu seksual yang dipakai secara bergantian,batang tersebut dapat menjadi saran penularan penyakit kutil kelamin loh. Oleh sebab itu, jika Anda ingin meminjam alat bantu sex kepada seseorang. Ketahuilah terlebih dahulu bahwa dia benar-benar terbebas dari virus penyakit kelamin. Karena jika ia merupakan si penderita kutil kelamin, bisa jadi virus masih tertinggal di alat bantu sex yang dipinjam, dan menular ke pemakai selanjutnya.

• Lewat Jarum Suntik

Perlu diketahui, bukan hanya alat bantu sex saja, tapi jarum suntik yang dipakai secara bergantian juga dapat menjadi sarana penularan penyakit kutil kelamin. Jika seseorang mengkonsumsi barang-barang haram seperti narkoba, maka kemungkinan akan memakai jarum suntik secara bergantian. Apabila diantara pemakai jarum suntik tersebut ada yang menderita kutil. Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.