Ciri-Ciri Erosi Serviks Yang Harus Anda Ketahui

Ciri-Ciri Erosi Serviks Yang Harus Anda Ketahui
Ciri-Ciri Erosi Serviks Yang Harus Anda Ketahui | Google Image

Erosi serviks adalah salah satu penyakit kelamin wanita  yang umumnya diderita oleh wanita yang masih muda. karena gejala yang minim atau tanpa gejala penyakit ini sering diabaikan. erosi serviks dapat memicu timbulnya komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan sehingga penyakit ini tak boleh dianggap ringan.

Pengertian Erosi Serviks

erosi serviks adalah kondisi sel lunak yang melapisi bagian dalam serviks yang mengalami peradangan dan menyebar ke luar serviks. Padahal pada serviks bagian luar terdiri dari sel epitel suamosa yang lebih cenderung keras. Zona transformasi adalah bagian luar serviks yang bersentuhan dengan sel kelenjar dari dalam serviks.

perubahan tubuh dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit ini, biasanya karena sedang mengkonsumsi pil kb dan sedang mengalami kehamilan. Walaupun bernama erosi servikss namun ini bukan berarti di dalam serviks terjadi pengikisan, hal ini ditandai bergantinya sel skuamosa normal menjadi sel kelenjar dari serviks yang lebih lunak

Ciri-Ciri Erosi Serviks yang perlu anda ketahui

gejala atau ciri yang sering terjadi adalah munculnya radang pada zona transformasi dan leher rahim. Sel kelenjar yang dimiliki zona transformasi yang halus berwarna merah dan mudah terkikis, kondisi ini membuat bakteri yang ada pada serviks menjadi lebih mudah untuk berkembang biak dan tumbuh yang mengakibatkan serviks menjadi terlihat memerah dan meradang.

Banyak wanita yang tidak mengalami gejalanya, walaupun ada terkadang akan hilang sendiri tanpa harus melakukan pengobatan dan perawatan, namun ada juga wanita yang merasakan gejalanya secara ringan dan mengalami ketidaknyamanan. Berikut merupakan ciri-ciri yang mungkin dialami oleh wanita penderita.

• ketika melakukan hubungan seksual terasa nyeri/sakit
  • setelah atau selama berhubungan seksual mengalami pendarahan
  • keputihan yang tidak berbau dan berjumlah banyak
  • jika erosi serviks terjadi infeksi maka keputihan akan tercium bau yang tidak enak
  • selama atau setelah pap smear atau pemeriksaan panggul akan terasa nyeri, ini terjadi waktu spekulum dimasukan ke vagina atau selama pemeriksaan bimanual

perlu diketahui bahwa gejala gejala tersebut tidak selalu mengarah pada penyakit erosi serviks. Jika anda mengalami beberapa atau salah satu gejala tersebut sebaiknya anda segera pergi ke dokter untuk memastikan diagnosa yang tepat

Bahaya erosi serviks

karena gejala yang tidak selalu terlihat banyak wanita yang tidak menyadari kalau ternyata mereka menderita erosi serviks. Erosi serviks biasanya baru diketahui setelah dokter melakukan pemeriksaan panggul. Erosi serviks tidak boleh disepelekan karena dapat mengakibatkan komplikasi berupa Fibroid atau polip, infeksi, endometriosi, dan dapat menjadikan penyebab perkembangan kanker seperti kanker serviks atau kanker rahim.

untuk dapat memastikan diagnosisnya, berkonsultasilah dengan dokter dan menjalani prosedur medis yang sesuai dengan kondisi yang anda alami. Berikut pemeriksaan yang akan ditawarkan oleh dokter jika anda menderita erosi serviks:

• Pap Smear, yaitu pemeriksaan yang dilakukan pada sel serviks untuk melihat adanya kemungkinan prakanker atau perubahan sel kanker yang mengarah pada virus HPV.
  • Kolposkopi, yaitu tindakan pemeriksaan yang dilakukan pada serviks dengan menggunakan alat pembesar dan pencahayaan yang terang.
  • Biopsi yaitu proses pengambilan sampel jaringan kecil untuk dilakukan pengujian dugaan sel kanker. Wanita biasanya akan merasakan kram di bagian tertentu ketika melakukan prosedur ini.

Jika anda mengalami ciri-ciri seperti diatas dan bingung mau berobat kemana, www.klinikpandawa.com silahkan berkonsultasi dengan klik gambar di bawah ini