Ciri-Ciri Keputihan Normal dan Tidak Normal Pada Wanita

0
124
Ciri-Ciri Keputihan Normal pada Wanita
Ciri-Ciri Keputihan Normal pada Wanita | Google Image

Anda tidak perlu terlalu khawatir jika mengalami keputihan normal. Karena beberapa wanita sering mengalaminya. Sebenarnya, keputihan normal mempunyai beberapa tujuan, yaitu untuk membersihkan dan melembabkan vagina, juga membantu mencegah dan melawan bakteri yang menyebabkan infeksi.

Perlu anda ketahui bahwa cairan yang terbuat dari kelenjar di dalam vagina dan leher rahim membawa sel yang telah mati dan bakteri yang telah mati. Hal ini dapat membantu vagina Anda tetap aman dan bersih.

Begini Keputihan yang Normal

Keputihan normal menandakan bahwa tubuh anda sehat. Ini merupakan salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh untuk melindungi dan membersihkan vagina Anda. Keputihan adalah zat cair kental yang keluar mengalir dari lubang vagina.

Leher rahim dan dinding vagina mengandung kelenjar yang menghasilkan cairan yang dapat membantu menjaga kebersihan vagina yang anda miliki. Cairan ini atau biasa disebut dengan keputihan normal biasanya mempunyai warna yang bening atau putih susu, tidak mengandung bau, menjelang siklus haid menjadi sedikit agak kental, bening dan jernih, basah, licin waktu akan mendekati ovulasi atau masa subur (jika anda menggunakan kontrasepsi harmonial tanda-tanda tersebut mungkin tidak terjadi)

Kadar cairan pada keputihan normal biasanya akan sedikit meningkat waktu anda melakukan kegiatan seperti yang mengeluarkan keriangat berlebih, sedang mendapat gairah seksual yang menggebu, pada masa subur, menggunakan pil KB, dan waktu sedang mengalami stres. Cairan vagina yang normal dapat bervariasi bentuk dan warnanya. Cairan ini kadang lengket, sedikit tipis, lentur, atau tebal. Keputihan normal ini akan sangat bervariasi untuk setiap wanita. tapi konsistensi dan biasanya warnanya dapat berubah waktu terjadi perubahan hormonal yang diakibatkan oleh stres, menstruasi, atau konsumsi pil KB.

Keputihan yang Tidak Wajar dan Cara Menanganinya

Keputihan normal juga dapat mengalami perubahan menjadi keputihan yang tidak normal. Jika warna, aroma atau bau dari keputihan yang anda alami terjadi perbedaan dan diikuti dengan rasa gatal atau perih, maka kemungkinan keputihan yang sedang anda alami merupakan keputihan yang tidak normal dan merupakan salah satu jenis penyakit kelamin wanita.

Hal-hal yang dapat memicu keputihan tidak normal antara lain obat antibiotik atau kortikosteroid, meminum pil KB, kanker serviks, infeksi klamidia atau gonore, diabetes, sabun wangi atau losion, penyakit radang panggul, vaginitis, infeksi jamur, dan lainnya.

Oleh sebab itu, sebagai wanita anda dituntut untuk cermat dan teliti ketika menjaga kesehatan organ reproduksi. Agar dapat terhindar dari infeksi yang terjadi pada vagina. Inilah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menanganinya:

  • Gunakanlah bahan katun pada celana dalam yang anda pakai, karena bahan katun bisa menyerap keringat, sehingga dapat mencegah kelembaban pada area kewanitaan anda.
  • Hindari memakai produk pembersih vagina yang dapat membunuh bakteri baik yang seharusnya ada di dalam vagina untuk melawan bakteri jahat yang menyebabkan infeksi.
  • Hindari memakai baju yang ketat seperti celana jeans, celana ketat, celana yoga, rok, dan lainnya.
  • Hindari memakai produk sabun khusus yang untuk area kewanitaan Anda, terutama yang berbau atau mengandung pewangi.
  • Jangan gunakan air panas atau sangat panas untuk berendam
    secepatnya mengganti pakaian yang basah karena dapat menyebabkan kelembapan di tubuh anda.
  • Setelah berenang atau berolahraga di gym hindari duduk dengan menggunakan pakaian yang basah.
  • Agar dapat menghindari bakteri berpindah dari anus ke vagina maka rajin-rajinlah membersihkan area kewanitaan anda dari depan hingga belakang.
  • Gantilah pembalut Anda sesering mungkin saat mengalami datang bulan.
  • Gunakan alat pengaman seperti kondom saat berhubungan badan dan hindari berganti-ganti pasangan untuk menghindari infeksi pada vagina.

@Kog

Mengobati Keputihan Tidak Normal

Setelah anda mengetahui tentang keputihan normal dan cara menjaga area vagina. Anda disarankan agar tetap berkonsultasi tentang kesehatan organ reproduksi yang anda miliki. Jika keputihan anda sudah berubah menjadi keputihan tidak normal, yang mempunyai tanda-tanda perubahan warna pada keputihan menjadi berwarna kuning atau hijau, busuk baunya, dan muncul rasa gatal disertai perih pada area kewanitaan anda maka sebaiknya anda cepat-cepat menghubungi dokter.

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik yang ada di Jakarta yang menangani masalah penyakit Andrologi, Ginekologi, Bedah minor, Kulit dan Kelamin. Jika anda mengalami masalah pada organ reproduksinya, anda bisa melakukan konsultasi online GRATIS dengan cara klik gambar di bawah ini. Privasi dan kerahasian anda di jamin aman.


Disclaimer: “Hasil pengobatan mungkin tidak persis sama karena tergantung situasi dan kondisi pasien”

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik di Jakarta yang menangani masalah penyakit Andrologi, Ginekologi, Bedah minor, Kulit dan Kelamin. Silahkan konsultasi GRATIS dengan menghubungi nomor 081386357761.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here