Fakta Dan Definisi Bahaya Penyakit Kutil Kelamin

Fakta Dan Definisi Bahaya Penyakit Kutil Kelamin- Setiap orang yang pernah melakukan berhubungan seksual bisa terserang HPV (Human Papilloma Virus). HPV adalah virus yang menyebabkan penyakit kutil kelamin. Penyakit kutil kelamin biasanya banyak menyerang orang berusia 30 tahun baik itu laki-laki maupun perempuan. Seseorang bisa beresiko terjangkit penyakit kutil kelamin sebesar 66% melalui kontak antar kulit pada saat dirinya melakukan hubungan seksual dengan orang lain yang sudah terinfeksi. Oleh karena itu penyakit kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang cukup umum terjadi.

Biasanya orang yang mengalami penyakit kutil kelamin akan merasakan gatal-gatal di sekitar daerah genitalnya. Selain tumbuh satu per satu, beberapa kutil kelamin juga bisa tumbuh secara berdekatan atau membentuk kelompok yang lebih besar.

Apa Itu Penyakit Kutil Kelamin?

Penyakit kutil kelamin adalah tumbuhnya daging kecil yang memiliki warna atau abu-abu biasanya ditemukan di daerah genital atau daerah dubur pada pria dan wanita. Kutil kelamin atau kondiloma acuminate merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling umum terjadi yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV).

Apa Penyebab Penyakit Kutil Kelamin?

Penyakit kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Sekitar 90% kasus penyakit kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe 6 dan tipe 11. Setelah masuk ke dalam tubuh, kemudian virus HPV akan berdiam di dalam sel dan memperbanyak diri, setelah itu virus akan keluar dari sel inang menyerang sel lain yang sehat.

Virus HPV hanya bisa ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit ketika berhubungan intim, seks anal, seks oral atau berbagi alat bantu seks (sex toys).

Apa saja Tanda dan Gejala Kutil Kelamin?

• Bengkak kecil di daerah genital.
  • Beberapa kutil jaraknya berdekatan menyerupai bentuk kembang kol.
  • Rasa gatal atau rasa tidak nyaman di daerah genital.
  • Muncul perdarahan pada saat hubungan seksual.
  • Kutil juga bisa muncul di mulut atau tenggorokan biasanya disebabkan karena oral seks.

Faktor Resiko Seseorang Terkena Penyakit Kutil Kelamin

• Melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda tanpa menggunakan kondom.
  • Melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang mempunyai riwayat seksualnya tidak diketahui.
  • Aktif secara seksual sejak usia remaja.
  • Pernah menderita penyakit menular seksual lainnya.

Virus kutil kelamin tidak bisa ditularkan melalui pelukan, ciuman, berbagi alat makan, handuk, atau kertas toilet. Jangan remehkan penyakit kutil kelamin karena kondisi ini menjadi penyebab utama terjadinya kanker serviks pada wanita.

Bagaimana Prosedur Pengobatan Yang Dilakukan Terhadap Pasien Kutil Kelamin Di Klinik Pandawa?

Saat mengevaluasi pasien dengan penyakit kutil kelamin, riwayat terperinci  juga ditanyakan yaitu mengenai, pernahkah ada riwayat penggunaan pil atau obat-obatan. Dokter dapat mendiagnosis penyakit kutil kelamin dengan melakukan pemeriksaan fisik dan memeriksa area genital. Dokter juga akan bertanya tentang gejala dan masalah lain yang mungkin anda alami terkait penyakit kutil kelamin.

Perihal pengobatan penyakit kutil kelamin ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik yang ada di Jakarta. Ada banyak pasien yang sembuh setelah melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Pandawa. Biaya pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Pandawa relatif murah dan terjangkau.

Beberapa keunggulan Klinik Pandawa antara lain :

• Memiliki fasilitas dan alat medis yang sangat memadai, modern dan lengkap.
  • Semua ruangan full AC.
  • Memiliki area parkir luas dan gratis.
  • Dilalui semua sarana transportasi seperti angkot, bajaj, busway, kereta KRL.
  • Berada disekitar pusat perbelanjaan, mall dan hotel.
  • Apotik, laboratorium, USG dan Rontgen.

Apabila Anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS/ Telp pada tombol Web atau ke nomer HP 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.

Konsultasi Online Gratis

× Konsultasi Online Gratis