Fakta dan Definisi Kutil Kelamin

Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah pertumbuhan daging  berwarna atau abu-abu yang ditemukan di daerah genital dan daerah dubur pada pria dan wanita. Kutil kelamin kadang disebut kondiloma acuminata. Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang paling umum (PMS) yang disebabkan oleh virus. Kutil disebabkan oleh human papillomavirus (HPV).

Kutil kelamin mempengaruhi pria dan wanita dan dapat terjadi pada usia berapapun.

Kebanyakan orang dengan kutil kelamin berusia antara 17-33 tahun. Kutil kelamin sangat menular. Ada risiko tinggi terkena infeksi dari satu kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi virus HPV. Pada anak-anak di bawah usia tiga tahun, kutil kelamin diperkirakan ditularkan melalui metode nonseksual seperti kontak manual langsung. Meskipun demikian, kehadiran kutil kelamin pada anak-anak harus meningkatkan kecurigaan akan pelecehan seksual.

Sampai 20% orang dengan kutil klamin akan memiliki penyakit menular seksual lainnya (PMS).

Apa Penyebab Kutil Kelamin?

Kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Lebih dari 100 jenis HPV telah diidentifikasi; sekitar 40 jenis ini berpotensi menginfeksi area genital. Sebagian besar genital warts disebabkan oleh dua jenis virus (HPV-6 dan -11), dan jenis HPV ini dianggap “berisiko rendah,” yang berarti mereka memiliki potensi penyebab kanker rendah. Jenis HPV lainnya diketahui penyebab perubahan prematur dan kanker serviks pada wanita. HPV-16, salah satu jenis “berisiko tinggi”, bertanggung jawab atas sekitar 50% kanker serviks. Jenis HPV tipe 18, 31, 33, 35, 39, 45, 51, 52, 56, 58, 59, dan 68 adalah jenis virus “berisiko tinggi” lainnya. Jenis HPV berisiko tinggi juga disebut sebagai jenis HPV onkogenik. HPV diyakini menyebabkan 100% kasus kanker serviks. Kutil umum tidak sama dengan kutil kelamin dan disebabkan oleh jenis HPV yang berbeda yang menulari kulit. Partikel virus mampu menembus permukaan kulit dan mukosa melalui lecet mikroskopik di daerah genital, yang terjadi selama aktivitas seksual. Begitu sel diserang oleh HPV, periode laten (sepi) bulan ke tahun dapat terjadi, dimana tidak ada bukti adanya infeksi. Umumnya, sekitar dua pertiga orang yang melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi akan terlihat gejalanya kurang lebih dalam waktu tiga bulan. Kutil kelamin secara tidak langsung dikaitkan dengan penggunaan pil KB karena hubungan seksual meningkat tanpa menggunakan pelindung penghalang, beberapa pasangan seks, dan berhubungan seks sejak dini.

Apa saja Tanda dan Gejala Kutil Kelamin?

Meskipun kutil kelamin tidak menimbulkan rasa sakit, mereka mungkin mengganggu karena lokasinya, ukurannya, atau karena gatal. Ukurannya bisa berkisar kurang dari satu milimeter (1 mm = 0,039 inci) sampai beberapa sentimeter persegi (1 cm = 0,39 inci) saat banyak kutil bergabung bersama (berkelompok). Pria dan wanita dengan kutil kelamin seringkali mengeluhkan gundukan, gatal, dan pelepasan tanpa rasa sakit. Jarang, pendarahan atau penyumbatan urin mungkin merupakan masalah awal saat kutil tersebut melibatkan pembukaan uretra (pembukaan di mana urin keluar dari tubuh). Kutil di lebih dari satu area biasa terjadi.Mungkin ada riwayat penyakit menular seksual sebelumnya atau bersamaan (PMS).

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.