gatal pada area kewanitaan apakah eksim atau jamur

Gatal-gatal pada Area Kewanitaan, Apakah Eksim atau Jamur?

Area kewanitaan merupakan bagian paling sensitif pada tubuh wanita. Jika area tersebut tidak dijaga dengan baik, kesehatannya pun akan terganggu. Salah satu yang menjadi masalah utama wanita adalah rasa gatal pada area kewanitaan.

Rasa gatal yang terjadi bisa karena berbagai penyebab, di antaranya karena eksim dan infeksi jamur. Eksim sendiri adalah gangguan kulit yang disebabkan oleh peradangan pada kulit. Sedangkan, infeksi jamur merupakan peradangan akibat pertumbuhan berlebih dari jamur di dalam tubuh.

Namun, apa ciri-ciri gatal di area kewanitaan akibat eksim dan jamur? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya di bawah ini.

Gatal pada Area Kewanitaan Akibat Eksim

gatal pada area kewanitaan akibat eksim

Mendengar kata eksim, tentu akan membuat bergidik sebagian besar orang. Eksim di area tubuh memang sangat mengganggu, apalagi jika eksim terjadi di area kewanitaan.

Eksim di area kewanitaan disebabkan oleh alergi terhadap bahan kimia atau suatu zat tertentu. Misalnya, penggunaan sabun atau pembersih vagina. Produk-produk tersebut bisa menimbulkan eksim pada area kewanitaan jika kulit Anda tidak cocok dengan bahan-bahan pembersih yang digunakan.

Hal ini lantaran Eksim berkaitan erat dengan aktivitas daya pertahanan tubuh atau imun yang berlebihan. Aktivitas daya pertahanan tubuh yang berlebihan inilah yang menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya terhadap kulit.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Nyeri Vagina?

Selain itu, perubahan suhu secara tiba-tiba atau panas dan keringat juga memicu terjadinya eksim di area kewanitaan. Apalagi, bagian tersebut merupakan daerah yang cukup lembab sehingga bakteri penyebab infeksi akan semakin berkembang dan menyebabkan eksim.

Gejala utama yang akan terjadi pada penderita eksim adalah rasa gatal yang luar biasa pada kulit bagian kelamin. Bahkan, terkadang rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan atau ruam pada kulit.

Pada orang kulit putih, daerah kelamin yang gatal mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara pada orang dengan kulit lebih gelap, eksim akan memengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksim akan tampak lebih terang atau lebih gelap.

Gatal pada Area Kewanitaan Akibat Jamur

gatal pada area kewanitaan akibat jamur
Gatal pada area kewanitaan bisa juga disebabkan oleh infeksi jamur.

Gatal pada area kewanitaan bisa juga disebabkan oleh infeksi jamur yang bernama jamur Candida. Jamur Candida akan tumbuh di area yang lembab dan panas, seperti area genital dan kulit.

Dalam keadaan normal, jamur Candida ini dapat ditemukan dalam tubuh seseorang dengan jumlah yang sedikit. Pertumbuhan jamur tersebut bisa dicegah oleh kulit yang merupakan salah satu komponen sistem imun tubuh.

Namun, jamur dapat menyebabkan penyakit apabila daya tahan tubuh lemah atau terdapat luka pada kulit hingga jamur bisa menembus sistem pertahanan tubuh.

Terdapat lebih dari 20 jenis jamur Candida. Berikut jenis jamur Candidayang umumnya menimbulkan candidiasis pada manusia:

• Candida tropicalis
  • Candida albicans
  • Candida parapsilosis
  • Candida glabrata
  • Candida guilliermondii

Jamur Candida dapat menginfeksi tubuh secara sistemik (menyebar ke seluruh tubuh) ataupun lokal (hanya terbatas pada satu organ).