Gejala Penyebab dan Pengertian Endometriosis

Gejala Penyebab dan Pengertian Endometriosis
Gejala Penyebab dan Pengertian Endometriosis | Google Image

Endometriosis adalah salah satu jenis penyakit kelamin wanita. Penyakiti ini berhubungan dengan hormon estrogen. Jaringan endometrium yang tumbuh disertai pembuluh darah yang melakukan perambatan hingga menonjol keluar dari rahim yang menyebabkan pelvic pain.

Tubuh seorang wanita setiap bulan akan mengeluarkan suatu hormon, hormon tersebut dapat memicu penebalan di dadalam dinding rahim atau endometrium. Proses tersebut adalah tahapan persiapan untuk dapat menerima sel telur yang sudah dibuahi, dinding rahim akan luruh dan keluar dalam bentuk darah melalui vagina.

Ketika jaringan endometrium tumbuh di luar rahim, maka akan terjadi Endometriosis. Apabila anda menderita penyakit ini, jaringan tersebut akan mengalami luruh dan proses penebalan yang sama seperti siklus menstruasi. Karena darah tersebut terletak di luar rahim maka darah itu akhirnya akan mengendap, dan mengakibatkan jaringan di sekitarnya akan mengalami iritasi, lama-lama jaringan perut atau bekas iritasi akan terbentuk.

@kog

Gejala Endometriosis

Gejala yang endometriosis yang terjadi pada wanita akan berbeda-beda, bahkan terkadang ada wanita yang tidak merasakan gejala apa-apa, karena itu jangan pernah meremehkan rasa sakit yang melebihi dari biasanya pada saat menstruasi, bisa saja itu termasuk gejala awal terjadinya penyakit ini, gejala umum yang terjadi adalah pada perut bagian bawah dan sekitar panggul akan terasa sakit yang luar biasa, gejala ini biasanya akan terjadi waktu selama dan sebelum siklus menstruasi namun ada juga yang sepanjang waktu merasakan sakit itu, rasa sakit itu juga biasanya akan muncul setelah atau saat berhubungan seksual, dan buang air besar ataupun buang air kecil. Selain itu penderita juga dapat mengalami pendarahan di urine atau tinja dan pendarahan menstruasi yang berlebihan. Gejala lainnya yang dialami penderita adalah konstipasi, kelelahan, diare dan mual selama sedang menstruasi

Letak tumbuhnya jaringan endometrium itu berbeda-beda ada yang di vagina, usus, ovarium, kandung kemih, dinding luar rahim,bahkan di paru-paru sehingga gejala yang ditimbulkan juga berbeda-beda, maka dari itu anda perlu memeriksakan diri ke dokter agar dapat penanganan yang tapat.

Penyebab endometriosis

jaringan endometrium yang tumbuh diluar rahim penyebab pastinya belum diketahui, tapi ada beberapa teori yang mengatakan bahwa penyebabnya adalah karena gagalnya dinding rahim yang luruh saat menstruasi dikeluarkan dari tubuh, dan akhirnya melekat pada organ dalam panggul, namun teori juga tidak sepenuhnya benar karena tidak bisa menjelaskan mengapa wanita yang sudah menjalani pengangkatan rahim juga bisa mengalami endometriosis.

Hormon estrogen adalah salah saatu faktor pemicu timbulnya endometriosis. Tingginya hormon estrogen terbukti dapat memperparah kondisi ini. Itulah salah satu penyebab endometriosis. Umumnya Endometriosis hanya menyerang wanita yang sudah dewasa.
Faktor keturunan, faktor adaptasi sel pada lingkungan organnya, sistem kekebalan tubuh yang dimiliki penderita dan faktor paparan lingkungan juga menjadi salah satu penyebab lain endometriosis.

Proses Diagnosis Endometriosis

untuk dapat mendiagnosis penyakit ini, sebaiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter, serta melakukan pemeriksaan pada organ organ panggul. Dokter akan bertanya kepada pasien tentang gejala apa saja yang dialami secara detail, terutama tentang lokasi sakit yang dialami, frekuensinya, serta kapan rasa sakit itu muncul.

Untuk dapat memastikan keberadaan endometriosis, anda kemudian akan menjalani beberapa pemeriksaan. Langkah-langkah dilakukan ini berupa pemeriksaan organ intim, laparoskopi dan USG. Dalam prosedur tindakan laparoskopi, beberapa sampel jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim akan diambil oleh dokter untuk diteliti di laboratorium.

Langkah Pengobatan Penyakit Endometriosis

Langkah penanganan penyakit endometriosis belum bisa dipastikan karena penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Namun, tujuan dari pengobatannya itu sendiri adalah untuk mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan agar penderita tidak merasa terganggu ketika menjalani rutinitas sehari-hari.

Gejala utama penyakit ini berupa rasa sakit yang luar biasa dapat dikurangi dengan melakukan terapi hormon atau dengan mengkonsumsi obat pereda sakit. Agar pengobatan bisa maksimal sebaiknya anda menghubungi dokter. Untuk penderita yang ingin mempunyai anak ada cara lain yaitu dengan melakukan operasi pengangkatan jaringan endometrium.

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik yang dapat menangani penyakit Endometriosi. Jika anda mengalami gejala-gejal penyakit endometriosi, anda bisa melakukan konsultasi online GRATIS dengan cara klik gambar di bawah ini. Privasi dan kerahasian anda di jamin. Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.

@kog