Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita yang Sering Tak Disadari

Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita
Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita | Google Image

Penyakit kelamin atau yang biasa disebut infeksi menular seksual adalah jenis penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Penyebarannya bisa dari sperma, darah, cairan vagina atau cairan tubuh lain. Gejala penyakit kelamin pada wanita biasanya tidak terdeteksi di awal terinfeksi. Berikut beberapa gejala penyakit kelamin wanita yang jarang kita sadari.

1. Timbul luka pada alat kelamin tapi tidak merasakan sakit, itu bisa jadi karena gejala sifilis awal.

Raja singa atau sifilis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri treponema pallidum. Munculnya luka atau lesi pada alat kelamin atau mulut merupakan gejala awal sifilis. Luka ini sangat mudah menular pada orang lain namun tidak terasa sakit.

Luka ini akan menghilang dengan sendirinya setelah bertahan selama 1,5 bulan. Lesi ini sangat menular sentuhan sedikit saja akan membuat orang lain tertular. Makanya harus diperhatikan baik-bik.

Jika sifilis tidak segera diobati, dalam 4-10 minggu infeksi ini akan berkembang pada tahap berikutnya, dan memunculkan gejala lain yang mirip dengan flu seperti demam, sakit kepala, persendian terasa nyeri, bahkan bisa juga mengakibatkan kerontokan rambut sampai dengan membuat pitak akan diderita oleh penderita.

2. Pada awal penularan gonore juga tidak menunjukkan gejala yang serius.

Bakteri neisseria gonorrhoeae adalah penyebab utama dari penyakit gonore, penyakit ini diawal menginfeksi tidak memunculkan gejala apa-apa, sehingga banyak orang yang tidak menyadari kalo dia sedang terinfeksi penyakit gonore. Berikut beberapa gejala yang wanita alami saat terinfeksi gonore.

• Cairan vagina berwarna kuning atau hijau dan encer
  • Sering buang air kecil
  • Sakit atau perih waktu buang air kecil
  • Pada saat berhubungan seks akan terasa sakit di perut bagian bawah
  • Gatal di sekitar kemaluan
  • Mengeluarkan darah pada waktu berhubungan seks atau setelahnya
  • Pada menstruasi terjadi pendarahan berlebihan

jika terjadi kontak dengan sperma atau cairan vagina tubuh bagian lain juga akan terkena dampaknya. Bagian tubuh yang dapat terkena gonore antara lain mata, rektum dan tenggorokan.

3 Perubahan yang terjadi pada cairan vagina pertanda gejala klamidia.

Klamidia adalah salah satu jenis penyakit kelamin wanita yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis. Penyakit ini salah satu jenis penyakit kelamin yang paling banyak terjadi pada wanita. Penularan dapat terjadi tanpa disadari karena gejala tidak dirasakan sama sekali pada saat awal terinfeksi. Berikut beberapa gejala yang terjadi pada penyakit klamidia:

• Cairan vagina yang keluar tidak seperti biasanya.
  • Saat buang air kecil terasa perih dan sakit.
  • Mengeluarkan darah berlebihan waktu menstruasi.
  • Di luar siklus haid terjadi pendarahan.
  • Saat melakukan hubungan seksual terasa sakit.
  • Bagian bawah perut terasa nyeri.

4 Gejala chancroid keluarnya bisul.

haemophilus ducreyl adalah penyebab utama dari penyakit menular seksual ini. gejala awal penyakit menular seksual ini adalah munculnya bisul setelah 1-14 hari seseorang terinfeksi chancroid. Benjolan akan menjadi luka setelah sehari.

gejala lain penyakit ini adalah terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening pada bagian selangkangan. Pembengkakan ini bisa menjadi abses pada beberapa orang.

5 Jika muncul benjolan pada anus waspada penyakit donovanosis.

Penyakit donovanosis yang kadang juga disebut granuloma inguinale ini diakibatkan oleh bakteri klebsiella granulomatis. Seks anal dan vagina adalah salah satu penyebaran penyakit ini. Penyakit ini jarang ditularkan melalui seks oral.

Secara perlahan penyakit ini akan menggerogoti jaringan alat kelamin. Penyakit ini mengeluarkan beberapa gejala seperti dibawah ini:

• Di sekitar alat kelamin dan anus muncul benjolan.
  • Terkelupasnya lapisan kulit yang menyebabkan peradangan akibat dari benjolan yang membesar. Tidak terasa nyeri pada tahap ini, tetapi mudah berdarah.
  • Luka terkadang mempunyai bau yang tidak enak dan meluas sampai pangkal paha.

Itulah beberapa gejala penyakit kelamin pada wanita yang sering terjadi dan tanpa disadari. Kebanyakan penyakit kelamin wanita diawal terinfeksi tidak menunjukan gejala yang serius sehingga banyak orang yang menyepelekannya, seiring berjalannya waktu gejala tersebut akan semakin parah dan berbahaya jika tidak segera diobati.

Jika anda mengalami beberapa gejala penyakit kelamin pada wanita seperti diatas segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda sebelum penyakit yang anda derita semakin parah. Klinik Pandawa salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik di jakarta dengan dokter yang sudah berpengalaman siap membantu anda. Jika anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang penyakit kelamin yang mungkin anda derita, anda bisa konsultasikan dulu dengan cara klik gambar dibawah ini.