INFO EROSI SERVIKS : GEJALA, BAHAYA, KOMPLIKASI, DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Erosi serviks gangguan pada wanita
Erosi serviks gangguan pada wanita.

 

Apakah kalian sempat mendengar penyakit erosi serviks? penyakit ini kerap dan biasa dirasakan oleh wanita- wanita produktif. Tetapi sayangnya kendala ini selalu terabaikan oleh kalangan perempuan oleh sebab indikasi yang sedikit apalagi terdapat tanpa indikasi satu pun. Untuk kamu yang belum sempat mendengar erosi serviks, mari simak penjelasan berikut ini.

Penyakit erosi serviks ataupun ektropion merupakan keadaan di mana sel- sel kelenjar yang sepatutnya terdapat di dalam serviks( leher rahim) berkembang di luar serviks. Sehingga tercipta wilayah peradangan yang nampak tergerus serta terinfeksi. .

Erosi serviks bisa diakibatkan oleh perubahan hormon dalam badan, biasanya karna kehamilan ataupun pengaruh mengkonsumsi kapsul KB. Walaupun namanya erosi serviks, tetapi ini bukan berarti serviks alami pengikisan. Hal ini cuma ditandai dengan sel skuamosa normal di luar serviks bergantian dengan sel kelenjar dari dalam serviks yang lebih lunak

 

Gejala Penyakit Erosi Serviks

Indikasi ataupun ciri- ciri penyakit erosi serviks yang sangat umum merupakan terdapat peradangan pada leher rahim serta zona tranformasi. Alasannya, zona transformasi mempunyai sel kelenjar yang bercorak merah, halus, serta gampang terkikis. Keadaan ini membuat organisme internal yang terdapat di serviks jadi lebih gampang berkembang serta tumbuh biak. Dampaknya, serviks nampak terus menjadi merah serta meradang.

Mayoritas perempuan tidak alami gejala erosi serviks, kalaupun terdapat umumnya akan lenyap dengan sendirinya tanpa perawatan apa pun. Akan tetapi, terdapat pula perempuan yang merasakan indikasi ringan hingga hadapi ketidaknyamanan yang lebih parah.

Ciri- ciri erosi serviks yang bisa jadi dirasakan oleh perempuan meliputi:

• Sakit dikala berhubungan seks.

• Perdarahan sepanjang ataupun sehabis berhubungan seks.

• Keputihan yang sangat banyak serta tidak berbau. Keputihan cenderung berbau bila erosi serviks alami peradangan.

• Bercak darah yang tidak wajar padahal tidak lagi haid.

• Nyeri serta perdarahan sepanjang ataupun sehabis pengecekan panggul ataupun pap smear. Perihal ini umumnya terjalin dikala spekulum dimasukkan ke dalam Miss V ataupun sepanjang pengecekan bimanual.

Tetapi, perlu dicatat kalau indikasi di atas tidak senantiasa mengarah pada erosi serviks. Bila Kamu alami salah satu ataupun sebagian indikasi di atas, baiknya lekas bicarakan ke dokter buat menetapkan diagnosa.

 

Bahaya Penyakit Erosi Serviks

Kondisi ini kerap tidak memunculkan indikasi, mayoritas perempuan tidak sadar dikala mengalaminya. Umumnya baru diketahui sehabis menjalani pengecekan panggul oleh dokter. Meski cenderung tidak beresiko, keadaan ini senantiasa tidak boleh disepelekan. Sebab erosi serviks dapat merupakan akibat dari keadaan lain, di antara lain:

• Infeksi

• Fibroid ataupun polip

• Endometriosis

• Masalah dengan IUD

• Perkembangan kanker, semacam kanker rahim ataupun kanker serviks


Untuk bisa memastikan diagnosisnya, berkonsultasilah dengan dokter serta menempuh prosedur kedokteran yang sesuai dengan keadaan yang kamu alami. Berikut pemeriksaan yang hendak ditawarkan oleh dokter bila kamu mengidap penyakit erosi serviks:

1. Pap Smear, ialah pemeriksaan yang dicoba pada sel serviks untuk melihat adanya kemungkinan prakanker ataupun transformasi sel kanker yang menuju pada virus HPV.

2. Kolposkopi, ialah tindakan pemeriksaan yang dicoba pada serviks dengan memakai perlengkapan pembesar serta pencahayaan yang terang.

3. Biopsi ialah proses pengambilan ilustrasi jaringan kecil untuk dicoba pengujian dugaan sel kanker. Perempuan umumnya hendak merasakan kram di bagian tertentu kala melaksanakan prosedur ini.

 

Komplikasi Erosi Serviks

Peradangan yang terjadi pada leher rahim jika tidak diobati bisa menyebar ke luar leher rahim dan saluran telur sehingga akhirnya menyebabkan komplikasi. Namun komplikasi yang terjadi juga tergantung pada penyebabnya. Seringnya akan berakibat buruk pada fungsi dari sistem reproduksi.

Infeksi gonore dan klamidia biasanya didiagnosis bersamaan dengan servisitis, bila tidak diobati akan menyebabkan penyakit radang panggul. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pada kesuburan, nyeri panggul kronis, atau kehamilan ektopik. Kemungkinan lainnya adalah keguguran, ketuban pecah dini, dan kehamilan prematur jika infeksi terjadi selama kehamilan.

Sebenarnya, penyakit apa pun bila tidak diobati bisa bertambah buruk. Oleh karena itu, penting sekali dalam menerapkan kebersihan pada organ intim kamu.

Sebab bila terjadi gangguan pada organ tersebut, bisa memengaruhi kesuburan kamu nantinya. Terlebih pada perempuan, yang harus ekstra menjaga kesehatan organ-organ vital sistem reproduksi demi mendukung kesehatan anak yang dilahirkan kelak.

 

Pengobatan Erosi Serviks di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit ginekologi khususnya Erosi Serviks. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kualitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit Erosi Serviks dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link bit.ly/2VdMqLL atau hubungi  melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.