KENCING ANYANG-ANYANGAN? KENALI PENYEBABNYA

kencing anyang-anyangan
Anyang- anyangan ialah situasi di mana seseorang merasakan ketidaknyamanan disaat buang air kecil.

Penyakit buang air kecil anyang-anyangan ini kerap ditemukan dan dialami kaum wanita. kencing anyang-anyangan pada seorang wanita dalam sepanjang hidupnya sanggup mencapai 50 persen. Situasi ini bisa berulang terlebih lagi bertahun-tahun.

Anyang-anyangan sendiri ialah salah satu pertanda peradangan saluran kemih. Peradangan saluran kemih berlangsung karena terdapatnya penyerbuan mikrooganisme pada saluran kencing. Infeksi saluran kemih diakibatkan oleh kuman Eschericia coli( pemicu utama), Staphylococcus Saphropyticus, Klebsiella alias Pseudomonas.

Buat Anda yang kerap membilas ataupun mensterilkan kemaluan dari belakang ke arah depan, patutnya Anda hentikan dan ubah dengan cara kebalikannya. Perihal ini diakibatkan oleh kuman dari usus besar yang pula ada di dekat anus, semacam E. coli, masuk ke saluran kemih karena cara membersihkan Miss V yang tidak tepat. Perihal seperti itu yang menimbulkan anyang- anyangan, serta sangat kerap diakibatkan oleh infeksi saluran kemih.

Apa Itu Kencing Anyang- anyangan?

Anyang-anyangan ialah situasi di mana seseorang merasakan ketidaknyamanan disaat buang air kecil. Dunia kedokteran mengatakan anyang-anyangan ini dengan sebutan disuria. Pengidap kencing anyang-anyangan sering alami buang air kecil dengan jumlah yang sering daripada rata- rata, apalagi dapat mencapai 2 kali dalam satu jam.

Gejala Kencing Anyang- Anyangan yang Harus Diwaspadai

Anyang-anyangan tidak senantiasa memunculkan gejala yang khusus. Tetapi, gejala berikut secara umum dapat menjadi isyarat Anda mampu jadi alami anyang- anyangan.

• Hasrat berlebih buat buang air kecil.
  • Nyeri ataupun rasa melilit dikala buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, namun dengan kapasitas sedikit- sedikit.
  • Nyeri pada panggul bila terjadi pada perempuan.
  • Urine beraroma menusuk, lebih pekat, terkadang bercampur darah.
  • Merasa letih dan kurang fit.
  • Demam.

Tidak hanya itu, tanda-tanda yang mengiringi kencing anyang- nyangan juga mampu bertentangan sesuai bagian sistem kemih mana yang terinfeksi, seperti:

• Ginjal( pielonefritis akut)

Pielonefritis biasanya diakibatkan oleh kuman, tetapi dapat pula diakibatkan oleh jamur. Cirinya nyeri pada pinggang belakang atas, meriang tinggi, mual, muntah.

• Kandung kemih( cystitis ataupun sistitis)

Nyeri buang air kecil ataupun anyang-anyangan sangat kerap diakibatkan oleh peradangan pada kandungan kemih (cystitis). ISK tipe ini umumnya diakibatkan oleh kuman E. coli, dapat pula kuman lain, yang biasa ditemui di saluran pencernaan. Ciri- cirinya merupakan perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa semacam ditekan, buang air kecil berulang kali serta terasa perih, dan terdapatnya darah pada air kemih.

• Saluran berkemih (uretritis)

Lubang saluran kencing terasa melilit dikala kencing. Penyebabnya sama, ialah akibat menyebarnya kuman pada sistem pencernaan dari anus ke saluran kencing. Sebab posisi saluran kencing bersebelahan dengan Miss V, penyakit menular seksual serupa klamidia, gonore, serta herpes pula bisa mengakibatkan uretritis.

Penyebab Kencing Anyang-anyangan

Ada bermacam macam perihal yang dapat menjadi penyebab anyang-anyangan. Biasanya, penyebab anyang-anyangan yang kerap terjadi karena terdapatnya infeksi bakteri yang mengarah pada penyakit infeksi saluran kemih. Tidak hanya itu, terdapat berbagai hal lain yang juga dapat menjadi pemicu anyang- anyangan seperti:

• Infeksi Saluran Kemih

Buang air kecil yang terasa menyakitkan biasanya diakibatkan oleh Infeksi Saluran Kemih( ISK). Merasakan perih dikala buang air kecil jadi ciri biasa dari ISK, yang dapat disebabkan oleh infeksi kuman atau peradangan pada saluran kemih.

Saluran kencing sendiri terdiri dari uretra, kandung kemih, ureter, serta ginjal. Ureter merupakan wadah yang membawa air kencing dari ginjal ke kandungan kemih. Peradangan yang terjalin pada salah satu organ ini bisa menimbulkan rasa sakit dikala kencing.

Dibandingkan pria, wanita lebih gampang terserang ISK. Perihal ini karena uretra wanita lebih pendek dari pria, serta kuman lebih mungkin hidup di uretra yang lebih pendek.

Tidak hanya itu, wanita yang tengah mengandung maupun menopause juga memiliki risiko ISK lebih besar dari yang lainnya.

• Kandung Kemih yang Sangat Aktif

Kandung kemih yang terlalu aktif ataupun overactive bladder ialah penyebab kencing anyang-anyangan. Perihal ini menimbulkan seseorang mendadak mau buang air kecil. Desakan ini berawal dari kontraksi otot kandung kencing. Kondisi ini pula dapat menimbulkan kebocoran air kencing( inkontinensia) atau ngompol

• Munculnya Batu pada Kandung Kemih

Penyebab anyang-anyangan yang lain merupakan terdapatnya gumpalan mineral keras yang terdapat di kandung kencing. Umumnya terbentuk karena tidak buang air kecil secara tuntas, alhasil air kemih jadi membeku serta membuat kristal mineral.

• Iritasi di Organ Intim

Pemicu anyang- anyangan pada wanita semakin besar apabila kerap melaksanakan douching vagina, yaitu membersihkan Miss V

• Faktor Hormonal

Tidak hanya itu, penyebab anyang-anyangan yang lain disebabkan dampak dari pasca- menopouse dan yang membuat vagina terasa kering.

Bahaya dan Komplikasi

Bila tidak lekas ditangani, ISK bisa menimbulkan efek serius, semacam kerusakan ginjal akibat infeksi ginjal kronis atau akut, terutama pada anak-anak. Pada ibu hamil, ISK yang tidak ditangani bisa tingkatkan risiko anak lahir prematur maupun anak lahir dengan berat tubuh kecil.

Faktor Risiko Kencing Anyang-anyangan

Semua orang, pria ataupun wanita, memang dapat menderita anyang-anyangan, akan tetapi ada yang lebih berisiko hadapi situasi ini, adalah:

• Wanita lebih berdampak hadapi anyang-anyangan karena saluran kencingnya lebih pendek, alhasil kuman lebih gampang menggapai kandung kemih.
  • Wanita yang aktif secara intim.
  • Wanita yang memakai alat kontrasepsi, paling utama kontrasepsi diafragma dan spermisida.
  • Wanita yang telah menopause.
  • Wanita maupun laki- laki yang mempunyai kelainan saluran kemih bawaan sejak lahir.
  • Adanya penyumbatan pada saluran kemih, serupa batu ginjal ataupun pembesaran prostat.
  • Wanita maupun laki- laki yang menderita kelemahan sistem imunitas tubuh.
  • Orang yang memakai kateter untuk buang air kecil.
  • Baru saja mengalami operasi atau pemeriksaan saluran kemih.

Pengobatan Kencing Anyang-anyangan di Klinik Pandawa

Apabila Anda memiliki masalah kencing anyang-anyangan yang mengganggu, segera periksakan ke dokter profesional. Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit ginekologi terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kencing anyang-anyangan. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relatif murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kualitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan masalah kencing anyang-anyangan dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.