KISTA ATEROMA : GEJALA, PENYEBAB, KOMPLIKASI, DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
kista ateroma
Waspada Kista Ateroma kalau sampai membesar bisa sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

 

Kista adalah kantong jaringan membran yang mengandung cairan, udara, atau zat lainnya. Kista bisa tumbuh hampir di bagian tubuh mana pun hampir di semua permukaan kulit. Ada banyak jenis Kista, sebagian besar Kista bersifat jinak, atau non-kanker. Biasanya, Kista akan berbentuk gelembung bulat dengan dinding tipis, berisi cairan. Kelainan ini tergolong jinak sehingga eksisi atau pembedahan dilakukan apabila benjolan semakin membesar atau mengganggu aktifitas sehari-hari.

Untuk Kista yang satu ini, sebaiknya jangan menganggap remeh. Ya, Kista Ateroma (Sebasea)? Penyakit ini merupakan benjolan berbentuk bulat dan berdinding tipis, yang terbentuk dari kelenjar keringat (sebacea). Benjolan ini muncul akibat adanya sumbatan pada muara kelenjar tersebut.

Sebenarnya apa itu Kista? Kista adalah kelainan pada tubuh yang mungkin mengandung bahan cair atau semiliquid. Oleh karena itu Kista Ateroma sangat sering ditemukan pada daerah yang mengandung kelenjar keringat, seperti di daerah muka, kepala, dan punggung. Yang perlu diwaspadai, kadang terdapat lebih dari satu Kista dalam berbagai ukuran yang tumbuh. Mulai di bagian kepala atau skrotum pada penis pria.

Kista Ateroma jarang ditemukan pada telapak tangan atau telapak kaki, namun banyak ditemukan pada wajah, leher, atau batang tubuh. Kista tersebut tumbuh dengan lambat dan tidak mengancam nyawa, tetapi Kista Ateroma mungkin membuat rasa tidak nyaman bila tumbuh tidak terkendali.

Kista Epidermoid, juga disebut Sebaceous, Ateroma, atau Kista Epitel, berbentuk benjolan kecil dan keras yang berkembang di bawah kulit. Kista Epidermoid sering ditemukan pada wajah, kepala, leher, punggung, atau alat kelamin. Ukurannya bisa dimulai dari 1/4 inci hingga 2 inci. Mereka terlihat seperti benjolan kecil, berwarna cokelat ke kuning-kuningan, tebal dan berbau. Terkadang tidak menimbulkan rasa sakit dan biasanya sering diabaikan.

 

Gejala Penyakit Kista Ateroma (Abses Ateroma)

Gejala yang sering terjadi pada Kista Ateroma saat masih berukuran kecil biasanya tidak menyakitkan. Namun Kista dengan ukuran besar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan sangat menyakitkan. Jenis Kista ini biasanya diisi dengan serpihan keratin putih, yang juga merupakan elemen kunci yang membentuk kulit dan kuku. Sebagian besar Kista terasa lunak saat disentuh. Tanda dan gejala Klinis Kista Ateroma (sebasea) dapat dilihat sebagai berikut :

  • Sering dijumpai di bagian kulit yang banyak mengandung kelenjar keringat, misalnya muka,kepala, punggung, bahkan alat kelamin
  • Kelenjar sebasea membentuk benjolan ( tumor ), berbentuk bulat, berbatas tegas, berdinding tipis, bebas dari dasar dan dapat digerakkan tetapi melekat pada kulit ( dermis ) di atasnya
  • Berisi cairan kental atau bubur eksudat berwarna putih abu-abu, dan terkadang disertai bau asam.
  • Merah dan nyeri akibat terjadinya peradangan

 

Penyebab Penyakit Kista Atheroma (Abses Ateroma)

Manusia memiliki permukaan kulit yang disebut juga dengan Epidermis. Epidermis merupakan lapisan luar yang tipis dari kulit bertugas melindungi sel tubuh dan akan terkelupas secara bertahap. Terjadinya Kista Ateroma ketika sel-sel ini tidak mengelupas, tapi justru menumpuk di dalam kulit sehingga membentuk dinding Kista yang kemudian mengeluarkan protein Keratin kental berwarna kuning.

Pertumbuhan yang tidak normal dari keratin diakibatkan oleh kerusakan folikel rambut atau kelenjar minyak yang terletak pada kulit. Trauma seperti goresan, luka bedah, dan jerawat adalah beberapa jenis trauma yang mungkin menyebabkan Kista Ateroma.

Kista Ateroma (sebasea) terbentuk dari kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak (sebum) yang melapisi rambut dan kulit. Kista dapat berkembang jika kelenjar duktus (bagian yang dapat menghilangkan minyak) menjadi rusak atau tersumbat hal ini biasanya terjadi karena trauma pada daerah tersebut. Trauma bisa berupa goresan, luka operasi, atau kondisi kulit, seperti jerawat. Kista Sebaceous tumbuh perlahan sehingga trauma mungkin terjadi beberapa minggu atau bulan sebelum Anda dapat melihat Kista.

Kemungkinan lain yang dapat menyebabkan Kista Ateroma adalah :

  • Adanya kerusakan pada sel-sel kulit yang diakibatkan prosedur operasi.
  • Adanya kerusakan pada saluran kelenjar
  • Bentuk yang cacat pada bagian kulit
  • Kerusakan sel selama operasi
  • Kondisi genetik, seperti Sindrom Gardner atau Sindrom Nevus sel basal

Kista berkembang ketika protein terperangkap di bawah kulit karena gangguan pada kulit atau ke folikel rambut. Kista ini sering berkembang sebagai respons terhadap trauma kulit, infeksi HPV, jerawat, atau paparan berlebihan terhadap matahari. Dan lebih memungkinkan untuk berkembang pada seseorang dengan jerawat atau kondisi kulit lainnya.

 

Komplikasi Kista Atheroma

Apabila penyakit Ateroma (sebasea) tidak segera diobati maka akan terjadi bengkak dan infeksi sekunder seperti terbentuknya abses atau nanah, yang menyebabkan infeksi semakin meradang hingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, sehingga perlu dilakukannya pembedahan atau operasi pada Kista Ateroma dan evakuasi nanah pada kulit.

 

Penanganan Penyakit Kista Ateroma di Klinik Pandawa

Klinik pandawa memiliki dokter ahli yang berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit Kista Ateroma (Abses Atheroma). Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien penyakit kulit dan kelamin khususnya penyakit Kista.

Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter Klinik Pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan lebih maksimal.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *