LADIES, PERNAH ALAMI VAGINA BENGKAK?? AWAS INI PENYEBABNYA

Penyebab Vagina Bengkak
Yuk kenali penyebab vagina bengkak dan cari tahu gimana cara mencegahnya.

Labia, alias bibir vagina merupakan salah satu bagian vital organ intim perempuan. Labia mempunyai dua bagian, yaitu labia majora (bibir bagian luar) juga labia minora (bibir bagian dalam). Umumnya, labia memiliki ukuran-ukuran yang berbeda, namun tak menutup kemungkinan juga kalau labia tersebut memiliki ukuran yang lebih besar. Mengalami vagina bengkak tidak selalu berhubungan dengan aktivitas seks, melainkan juga dikarenakan oleh berbagai faktor. Beberapa penyebab vagina bengkak antaranya adalah infeksi, alergi, hingga kehamilan.

Yuk kenali penyebab vagina bengkak dan cari tahu gimana cara mencegahnya.

Gejala Vagina Bengkak

Disisi lain oleh karena inflamasi atau radang pada vagina, beberapa gejala-gejala lainnya yang sering menyertai bengkak pada vagina di antaranya gatal-gatal atau terasa panas, keluar cairan dari vagina, vagina bau tak sedap, ada benjolan-benjolan pada vagina, dan terasa sakit dan nyeri ketika sedang berjalan ataupun duduk.

Penyebab Vagina Bengkak

Agar tak terus bertanya-tanya dan merasa khawatir, kenali berbagai penyebab vagina bengkak. Berikut diantaranya:

1. Infeksi Jamur.
    Pemicu utama ini merupakan infeksi jamur Candida yang menjadi penyebab vagina bengkak, terasa panas dan terbakar, dan gatal-gatal pada area vagina. Biasanya jamur ini disebabkan oleh antibiotik yang digunakan oleh ibu hamil, penderita diabetes dan pengguna kontrasepsi oral.
  2. Infeksi Menular Seksual
    Infeksi menular seksual ini merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada organ intim dan menjadi yang paling ditakuti. Penyakit IMS dapat menyebabkan peradangan pada jaringan di vagina yang berujung pada bengkak.
    Peradangan atau infeksi tersebut dikenal dengan penyakit klamidia dan trikomoniasis. Jika klamidia biasanya tak menunjukkan gejala apapun, tapi untuk trikomoniasis dapat membuat vagina bengkak dan merah. Kedua hal tersebut dapat mengakibatkan pendarahan, iritasi, dan vagina mengeluarkan bau tak sedap.
  3. Bakteri Vaginosis
    Menurut pakar Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat, bakteri yang masuk ke dalam vagina dengan jumlah yang banyak juga bisa memberikan efek bengkak.Menurut penuturan Dr. Alyssa Dweck, bakteri vaginosis tidak hanya menyebabkan vagina membengkak, Tetapi juga membuat vagina mengalami keputihan yang berwarna agak abu-abu, teksturnya kental, dan aromanya tak sedap.

4. Aktivitas seks yang kurang baik.
    Jika vagina membengkak dan kamu menemukan adanya tanda-tanda luka di sekitar vagina dan vulva setelah berhubungan seks, berarti pembengkakan tersebut bisa jadi disebabkan oleh aktivitas seksual yang kasar.
    Bisa jadi saat itu kamu dan pasangan terlalu bersemangat sehingga tidak terlalu memperhatikan kondisi vagina yang ternyata terluka. Pembengkakan ini biasanya akan dirasakan beberapa saat setelah aktivitas seksual berakhir.Menurut penjelasan dari Dr. Alyssa Dweck, MD,  asal Westchester, New York, aktivitas seksual yang berlebihan tidak hanya akan menyebabkan vagina membengkak, tetapi juga membuat area vagina berubah warna menjadi kehitaman dan kebiruan, serta akan ada sedikit pendarahan akibat luka.
  5. Reaksi dari Alergi.
    Alergi ini umum disebabkan oleh kontak dengan zat-zat kimia dari sabun, deterjen, atau pun serat baju yang menyebabkan bengkak, kemerahan, dan juga inflamasi.
  6. Kista Bartholin
    Ketika kista ini muncul, kulit disekitar vagina dan labia terasa sakit. Penyakit Kista Bartholin ini biasanya dialami oleh 2% perempuan di usia 20 tahunan. Penyakit kista (abses) bartholini biasanya menyebabkan benjolan terbentuk di bawah kulit di satu sisi vagina dan rasa sakit selama aktivitas apa pun yang memberi tekanan pada area tersebut.
  7. Servisitis
    Servisitis merupakan radang leher rahim. Servisitis muncul sebagai akibat penyakit menular seksual (PMS). Adapun penyakit kelamin yang menyebabkan munculnya servisitis yaitu Klamidia, gonore (kencing nanah) dan trikomoniasis.
    Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri panggul, keputihan abnormal dan nyeri saat berhubungan intim. Untuk itu, jika kamu merasakan berbagai gejala diatas segera konsultasikan pada ahlinya.

Cara Mencegah Vagina Bengkak

Yup, mencegahlah sebelum semakin parah. Adapun cara simpel yang bisa kamu lakukan sehari-hari untuk bisa mencegahnya, antara lain;

• Kurangi menggunakan vagina douch atau semprotan pembersih vagina
  • Menghindari penggunaan pakaian dalam yang ketat
  • Memilih penggunaan sabun, detergen atau produk feminim
  • Melakukan hubungan seksual yang aman dan lembut

Kapan Vagina Bengkak Dianggap Berbahaya?

Kebanyakan kondisi ini tidak dianggap terlalu serius. Tapi bilamana bengkaknya sudah termasuk kronis, nyeri tak tertahankan dan disertai aroma bau dan mengeluarkan cairan, kamu harus segera menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin.

Pengobatan Vagina Bengkak di Klinik Pandawa Jakarta

Pengobatan pasien dengan keluhan vagina bengkak dengan berbagai penyebab dan gejala di klinik pandawa, pertama pasien akan diarahkan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter. Setelah berkonsultasi akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut demi memastikan penyebabnya dan selanjutnya dapat diberikan penanganan dengan tepat sesuai dengan penyebabnya.

Klinik Pandawa yang berada di Jakarta memiliki banyak pasien salah satunya pasien dengan vagina bengkak. Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani berbagai penyakit. Ada banyak pasien dengan keluhan vagina bengkak dan nyeri serta penyakit kelamin lainnya yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Selain itu tidak usah khawatir dengan biaya, karena biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau. Klinik pandawa memiliki fasilitas memadai diantaranya semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia laboratorium, apotik, serta alat medis modern termasuk alat laser.

Untuk informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.