Macam Macam Keputihan Pada Wanita

0
67
keputihan
keputihan

Berbicara mengenai masalah keputihan tentunya ini menjadi salah satu topik yang paling sering dipertanyakan wanita. Masalah keputihan juga masalah rumit dan sangat menganggu bagi wanita. Keputihan adalah salah satu masalah yang cukup besar bagi wanita. Hal ini dikarenakan keputihan berhubungan dengan bagian sistem reproduksi wanita yang mana areal ini sungguh sangat vital. Keputihan merupakan suatu cairan yang keluar dari dalam vagina, pada dasarnya memiliki manfaat bagi kesehatan reproduksi wanita. Cairan keputihan wanita diproduksi oleh kelenjar di dalam serviks dan vagina, sehingga dapat membawa bakteri dan juga sel-sel yang telah mati keluar dari vagina. Peran keputihan ini tentunya baik bila tetap menjaga kondisi vagina sehat dan juga terhindar dari infeksi.

Keputihan adalah salah satu cairan terpenting bagi vagina. Namun, jika keputihan menjadi tidak normal, maka hal tersebut menjadi salah satu kondisi yang perlu Anda waspadai. Karena keputihan pada wanita dibedakan menjadi 2 yaitu ; keputihan normal dan keputihan tidak normal. Adapun keputihan yang normal adalah keputihannya tidak berbau, tidak gatal, jumlahnya tidak banyak dan tidak berwarna.

Menjaga tampilan tubuh agar tetap cantik dari luar saja tentu tidak cukup untuk membuat anda cantik seutuhnya. Kecantikan yang terjaga dengan baik yang seutuhnya adalah ketika seorang wanita mampu menjaga kecantikan dari luar dan dari dalam dengan lebih baik

Menjaga tubuh tetap cantik perlu namun menjaga kesehatan kewanitaan anda juga lebih penting, kebersihan dari vagina menjadi fondasi yang utama dalam menjaga kecantikan agar senantiasa terpancar dan terlihat dengan baik.

Keputihan Pada Ibu Hamil

Wanita hamil sudah seharusnya dengan teliti dan hati-hati menjaga kehamilannya dengan baik. Agar kehamilan anda sehat dan tidak ada masalah. menurut penelitian keputihan selam masa kehamilan adalah hal yang normal. Hal ini disebabkan karena faktor hormon kehamilan yaitu ; hormon esterogen semasa hamil dan meningkatnya alirah darah ke bagian pinggul. Membuat frekuensi dan kadar keputihan dapat meningkat

 Hal yang berbahaya perlu dihindari agar anda dan bayi dalam kandungan senantiasa aman terjaga dengan baik. Bicarakan dengan pasangan anda agar tidak melakukan seks dengan orang lain selain anda ketika anda dalam kondisi hamil, agar suami tidak menular infeksi bakteri  ke anda ketika hubungan seks. Tanda gejala infeksi gonore adalah wanita mengalami keputihan yang tidak normal. Bila ada keluhan keputihan yang tidak normal segera konsultasikan ke dokter kandungan anda. Kondisi ibu hamil lebih tepat yang menangani dokter kandungan.

Keputihan Normal dan Abnormal

Keputihan adalah hal yang normal dialami setiap wanita.  Akan tetapi, pada beberapa kasus tidak sedikit wanita yang mengeluhkan mengalami keputihan yang tidak normal. Keputihan yang normal lendir keputihan tidak keluar dalam jumlah yang besar dengan cairan yang berwarna bening.tidak gatal dan tidak disertai dengan bau. Namun pada kondisi keputihan tidak normal, keluhan yang dirasakan justru sebaliknya. Banyak wanita yang mengeluhkan  keluarnya keputihan berwarna kuning, kehijauan, putih susu dan ampas tahu, adanya rasa gatal yang tak tertahankan bisa muncul dari kondisi ini merupakan gejala dari keputihan yang tidak normal. Akibatnya kondisi ini bisa membuat aktivitas menjadi terganggu. Kondisi ini pun seringkali membuat anda merasa rishi dan bagi wanita yang sudah menikah merasa tidak percaya diri dengan suami.

Hal yang harus dilakukan bila keputihan abnormal

Keputihan abnormal keluar dari organ genital tentu mengindikasikan adanya kemungkinan adanya infeksi atau ada hal yang tidak wajar dengan kesehatan organ intim anda. Keputihan abnormal dapat menimbulkan vagina memerah, gatal, berbau, keluar cairan yang tidak wajar dan jumlahnya banyak. Dengan demikian, cara terbaik untuk menanganai kondisi ini adalah dengan memeriksakannya ke dokter. Penanganan oleh dokter akan dapat membuat anda mendapatkan diagnosa dengan lebih cepat dan tepat. Selain itu, kemungkinan terburuk dari kondisi ini pun akan dapat ditangani dengan segera.

Cairan atau lendir yang keluar dari organ genital ini memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan anda dengan membawa keluar sel mati dan bakteri yang ada pada bagian leher rahim dan vagina.

Memahami Keputihan tidak normal

Umumnya, permasalahan yang timbul tak jauh dari seputar kebersihan organ kewanitaan. Banyak wanita yang menyepelekan untuk menjaga kebersihan organ perempuannya dengan baik, beberapa wanita menggunakan pembalut tipis untuk menghindari bau atau rasa tidak nyaman bila keputihan. Namun hal tersebut malah membuat semakin banyaknya kuman atau bakteri yang berkembang. Wanita juga perlu mewaspadai adanya keputihan bercampur darah diluar siklus mentruasi.

Kesehatan organ kewanitaan sangat penting, rawat dan jaga kesehatan kewanitaan anda. Bila ada keluhan anda sudah lama dialami, segera periksakan ke dokter.

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.


Disclaimer: “Hasil pengobatan mungkin tidak persis sama karena tergantung situasi dan kondisi pasien”

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik di Jakarta yang menangani masalah penyakit Andrologi, Ginekologi, Bedah minor, Kulit dan Kelamin. Silahkan konsultasi GRATIS dengan menghubungi nomor 081386357761.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here