Macam-Macam Penyakit Kelamin Wanita yang Berbahaya

Inilah Macam-Macam Penyakit Kelamin Wanita yang Berbahaya
Inilah Macam-Macam Penyakit Kelamin Wanita yang Berbahaya | Google Image

Macam-macam penyakit kelamin wanita yang berbahaya dapat kita cegah dengan cara, mulai dari pola hidup yang sehat, kebersihan yang harus selalu di jaga, menghindari seks bebas tanpa menggunakan pengaman, sampai rajin melakukan cek fisik ke dokter sudah seharusnya kita lakukan, karena salah satu organ terpenting di dalam tubuh manusia adalah organ reproduksi, sehingga kita harus menjaganya dengan benar.

Wanita memilik peran yang sangat vital dalam reproduksi, oleh karena itu sudah seharusnya para wanita menjaga kebersihan dan menjaga pola hidup sehat, jika tidak maka wanita akan mudah terserang penyakit kelamin wanita yang disebabkan oleh virus maupun bakteri yang mudah menular, jika sampai terkena penyakit kelamin wanita resikonya bisa sampai kematian.

Berikut beberapa macam penyakit kelamin wanita yang harus anda ketahui:

Bartholinitis

Bartholinitis merupakan jenis penyakit kelamin wanita yang menyerang kelenjar bartholin dan mengakibatkan peradangan, kelenjar tersebut terletak pada kedua sisi bagian luar vagina yang berukuran sebesar kacang polong, kelenjar ini berfungsi memproduksi cairan pelumas ketika wanita berhubungan badan.
Penyakit ini dimulai dengan pembentukan kista bartholin. Produksi lendir yang terlalu kental sehingga menyumbat cairan pelumas yang akan keluar sehingga mengakibatkan pembengkakan, infeksi dan komplikasi menjadi kista, kista akan semakin tambah besar jika banyak cairan yang menumpuk.

Kista akan mulai muncul gejala jika sudah mulai berukuran besar atau sudah terinfeksi biasa disebut Bartholinitis atau Abses Bartholin. Timbulnya gejala dapat berupa nyeri di sekitar organ kewanitaan, rasa mengganjal, demam, hingga mengeluarkan cairan dari kista tersebut.

Untuk dapat memastikan semua cairan kista keluar dokter akan memberikan drainase, dan penyembuhan pada kelenjar bartholin sudah mulai berjalan, untuk menangani infeksi tersebut dokter juga akan memberikan antibiotik.

Bartholinitis terkadang akan muncul kembali, kemudian dokter akan memberikan saran untuk melakukan tindakan marsupialisasi, marsupialisasi adalah operasi yang bertujuan untuk mengeluarkan cairan pada abses. berbeda dari prosedur operasi lainnya, untuk mengeluarkan cairan yang diproduksi kelenjar bartholin lebih maksimal dokter akan menyayat sisi bagian kista dan kemudian menjahitnya sedemikian rupa.

Herpes Genital

Herpes Simplex Virus adalah penyebab utama dari penyakit Herpes Genital, ketika terinfeksi kebanyakan wanita tidak mengalami gejalanya secara langsung, bahkan bisa sampai setahun gejalanya tidak muncul, sehingga banyak wanita yang tidak sadar telah terjangkit penyakit kelamin wanita ini. gejala pertama pada herpes genital adalah muncul lepuh kecil dan meninggalkan luka merah yang terbuka di sekitar bagian organ intim wanita, lian dubur, bokong dan paha. pemeriksaan yang dilakukan didalam organ intim wanita kadang ditemukannya bisul di bagian serviks, gejala yang lain berupa deman dan ketika buang air kecil terasa sakit. gejala ini biasa terjadi beberapa hari dan akan hilang sendiri, meski telah hilang bukan berarti bakteri HSV sudah menghilang selamanya, tetapi virus saat itu sedang tidak aktif saja, dan sangat mungkin terjadi virus akan kembali aktif dan mengakibatkan kembalinya penyakit herpes genital.

Jika virus kembali menyerang gejala yang ditimbulkan tidak separah gejala waktu pertama kali virus menyerang, itu disebabkan karena tubuh telah menghasilkan pelindung berupa antibody sebagai reaksi terhadap gejala sebelumnya. virus ini menular melalui mulut, anus dan alat kelamin yang dilapisi kulit lembap, meski begitu, virus ini tidak menular melalui benda, sendok dan handuk.

Radang Panggul atau Pelvic Inflammatory Disease (PID)

pelvic inflammatory disease (PID) atau biasa disebut Radang panggul termasuk golongan penyakit kelamin wanita yang berbahaya. infeksi pada organ sistem reproduksi berupa rahim, indung telur, tuba falopi, dan leher rahim wanita menjadi penyebab dari penyakit PID. penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore adalah penyebab utama dari penyakit ini.
diawal terinfeksinya, penyakit ini jarang sekali menunjukan gejala yang dirasakan, namun saat infeksi semakin parah, seseorang yang terindikasi mengalami ini dapat mengalami tanda-tanda seperti keputihan yang berlebih, demam, nyeri dibawah perut, dan sakit saat buang air kecil.

Penyakiti ini salah satu jenis penyakit yang berbahaya karena kuman yang menyebabkan infeksi ini dapat menyebar ke organ-organ reproduksi wanita lainnya, PID juga dapat mengakibatkan kemandulan jika sudah sudah semakin parah.

Kanker Serviks

kanker serviks merupakan jenis penyakit kelamin wanita yang terjadi karena tumbuhnya sel-sel abnormal pada leher rahim yang tidak terkendali. Human Papilloma Virus atau HPV merupakan sebab utama dari penyakit ini, HPV dapat menular melalui kontak seksual.
HPV mempunyai beberapa jenis, dan tidak semua virus HPV menyebabkan penyakit kanker, beberapa diantaranya menyebabkan penyakit kutil kelamin dan tidak menimbulkan gejala apapun diawal terjangkitnya.

seorang wanit sangat disarankan untuk pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan rutin, perkembangan sel-sel leher rahim dapat dicegah sebelum berubah menjadi kanker, karena banyak kanker serviks menjadi penyakit yang berbahaya karena terlmbatnya penanganan mendis.

kanker ini kadang tidak menunjukan gejala yang menyebkan penderita tidak menyadari dan berakibat penangan yang terlambat, gejala yang terjadi ketika terjadi perubahan sel yang mulai tumbuh menjadi kanke serviks diantaranya seperti pendarahan sehabis berhubungan seks, pendarahan secara tiba-tiba diluar periode menstruasi, maupun pendarahan setelah menopause. gejala lain dari kanker ini adalah sakit saat berhubungan seks, sakit di perut atau panggul, keputihan yang tidak normal, cara terbaik terhindar dari penyakit ini adalah tidak melakukan hubungan seks bebas atau tanpa pengaman, cara lain bisa dengan melakukan kunjungan ke dokter untuk memeriksa jika ada perubahan sel yang mengarah pada kanker serviks, jika anda berusia dibawah 26 tahun anda bisa melakukan perlindungan terhadap jenis HPV dengan melakukan vaksin HPV agar terhindar dari penyakit kanker serviks.

Ulkus Mole atau Chancroid

Penyakit kelamin wanita selanjutnya adalah Ulkus Mole atau bisa juga disebut Chancroid, penyakit ini cukup berbahaya karena dapat menyerang wanita dan laki-laki.
Haemophilus ducreyi adalah bakteri penyebab infeksi ulkus mole, bakteri ini menyerang jaringan kulit organ luar intim wanita atau pria yang menyebabkan luka terbuka, luka terbuka ini sering keluar darah, dan menghasilkan sekret atau cairan yang keluar, konsistensi seperti lendir yang menjadi penyebab menularnya penyakit ini.

Gejala penyakit kelamin wanita ini bervariasi antara wanita dan pria, infeksi akan muncul setelah satu hari atau beberapa minggu setelah tertular. Gejala pada wanita infeksi mengakibatkan benjolan merah pada bagian lipatan kulit vagina atau labia, paha, atau selangkangan, setelah benjolan itu pecah, penderita biasanya mengalami sensasi seperti terbakar dan ketika buang air besar ataupun kecil akan terasa sakit.

Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan jenis penyakit kelamin wanita yang menular melalui hubungan seksual dan disebabkan oleh bakteri Trichomonas vaginalis. Penyakit ini dapat menyerang wanita dan pria. Vulva, serviks, vagina, serta saluran kemih adalah bagian yang paling sering terinfeksi pada wanita. Penyakit ini menular melalui hubungan seksual yang tidak aman.

Sekitar 70% penderita tidak merasakan gejala atau tanda-tanda terjangkitnya penyakit ini ketika diawal terinfeksi, biasanya gejala akan muncul dalam lima sampai dua puluh delapan hari setelah terkena infeksi, gejalanya bisa berupa iritasi ringan sampai peradangan parah. Gejala yang terjadi pada wanita akan lebih spesifik seperti rasa terbakar, gatal-gatal kemerahan atau nyeri pada alat kelamin, nyeri saat buang air kecil, perubahan pada keputihan(bisa perubahan bau, jumlah serta warna) dan sakit pada saat berhubungan seksual.

Jika tidak diobati secara tuntas, infeksi ini bisa berlangsung lama bahkan bisa hitungan bulan sampai tahunan, penyebarannya juga dapat terjadi hingga organ intim lain yang berada pada panggul, serta dapat mengakibatkan bayi lahir secara prematur jika terjadi pada wanita hamil

Itulah beberapa penyakit kelamin wanita yang perlu kamu tahu sehingga kamu dapat mencegahnya sedini mungkin agar organ intim mu dapat tetap terjaga. Jika kamu mengalami beberapa gejala seperti yang dijelaskan diatas segeralah pergi ke dokter dan konsultasikan gejala yang anda alami sehingga anda mendapatkan pengangan yang tepat. Silahkan konsultasikan kepada kami dengan cara klik gambar di bawah ini. Klinik Pandawa siap membantu anda. Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.