Pengertian, Diagnosis, Pencegahan dan Gejala Infeksi Saluran Kemih

Pengertian, Diagnosis, Pencegahan dan Gejala Infeksi Saluran Kemih
Pengertian, Diagnosis, Pencegahan dan Gejala Infeksi Saluran Kemih | Google Image

Untuk mengobati penyakit ISK perlu diketahaui Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita. Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan salah satu jenis penyakit kelamin wanita dimana kondisi dari saluran kemih yang terdiri dari ureter, kandung kemih, ginjal dan uretra. Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan sebuah kondisi dimana organ pada system saluran kemih mengalami infeksi. Penyakit infeksi saluran kemih ini sendiri bias terjadi kepada siapa saja. Namun, wanita lebih tinggi berisiko terkena gangguan ini karena saluran uretra wanita jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan saluran uretra laki-laki.

Gejala yang muncul dari infeksi saluran kemih ini antara lain:

• Rasa Nyerisaat berkemih
  • Adanya desakan ingin buang air kecil secara terus menerus (anyang-anyangan)
  • Ada darah pada saat buang air kecil
  • Air kencing keruh dan Berbau.
  • Rasa nyeri pada bagian selangkangan
  • Rasa sakit pada punggung dan perut bagian bawah (bawahpusar)
  • Adanya rasa kurang enak badan terkadang demam

Gejala-gejala di atas jika dilihat memang mirip dengan kelainan ginjal lainnya. Dan tidak selamanya gejala di atas disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Bisa saja gejala di atas terjadi dan setelah didiagnosis, ternyata penyebabnya bukanlah infeksi saluran kemih. Maka dari itu, untuk mengetahui penyebabnya, segeralakukan pemeriksaan untuk mengatasi secepatnya.

Diagnosis

Untuk tes secara fisik itu sendiri, infeksi saluran kemih bias diperiksa melalui serangkaian tes. Tujuan dari tes itu adalah untuk melihat adanya infeksi dari bakteri E. Coli dan melihat bagian mana saja dari organ kemih yang terinfeksi. Beberapa tes yang dimaksud antara lain tes urine, tes darah, CT scan, USG, dan sistoskopi.

Tes urine dilakukan untuk mendeteksi bakteri, kondisi sel darah merah dan kondisi sel darah putih di dalamnya. Sementara tes pencitraan lainnya dilakukan untuk mengetahui secara lebih jelas kondisi organ-organ di saluran kemih agar bias diberikan penanganan dengan tepat.

@kog

Pencegahan

Pencegahan terhadap kondisi ISK ini bias dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih. Berikut hal-hal yang bias dilakukan.

• Mengonsumsi cairan yang cukup dan rutin setiap hari agar metabolism lancar.
  • Ketika membersihkan organ vital setelah buang air kecil atau buang air besar, lakukan proses cebok dari bagian depan dulu baru kebelakang.
  • Hindari suka menahan kencing

Ini Adalah beberapa penjelasan mengenai penyakit infeksi saluran kemih yang perlu untuk diketahui. Jika anda mengalami gejala diatas, maka segera hubungi dokter. Jangan melakukan pengobatan dan pengkonsumsian obat tanpa ada anjuran dokter.

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik yang ada di Jakarta yang menangani masalah penyakit Andrologi, Ginekologi, Bedah minor, Kulit dan Kelamin. Jika anda mengalami gejala seperti diatas segera konsultasikan online GRATIS kepada kami dengan cara klik gambar di bawah ini. Privasi dan kerahasian anda di jamin aman. Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.

@kog