Pengertian, Penyebab dan Gejala Servisitis

Pengertian, Penyebab dan Gejala Servisitis
Pengertian, Penyebab dan Gejala Servisitis | Google Image

Servisitis adalah peradangan yang terjadi pada leher rahim atau serviks wanita. Secara anatomi letak serviks berada bagian terbawah dari rahim yang berperan sebagai jalan masuk rahim dari vagin. Servisitis ini bisa timbul tanpa menimbulkan tanda-tanda yang dirasakan penderita.

Apa Itu Servisitis?

Sebelumnya anda perlu mengetahui, apa yang dimaksud dengan servisitis. Servisitis merupakan keadaan dimana leher rahim yang tampak mengalami peradangan yang timbul akibat infeksi, seperti infeksi dari penyakit menular, keputihan tidak normal, infeksi bakteri atau cedera pada serviks dari benda asing seperti penggunaan tampon.

Saat leher rahim sedang mengalami peradangan atau tampah kemerahan akibat infeksi, maka serviks akan mengalami pembengkakan. Anda akan merasa ingin buang air kecil semakin sering, nyeri saat buang air kecil, sakit saat melakukan hubungan seksual, pendarahan abnormal dan juga keputihan yang tidak normal keluar dari vagina. Penyakit servisitis ini tidak dapat dilihat oleh penderita. Jika anda mengalami gejala-gejala diatas anda perlu memeriksakan diri agar dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dan dokter dapat melihat kondisi leher rahim/serviks anda.

Penyebab Servisitis

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang wanita bisa memiliki resiko lebih tinggi mengalami servisitis dan peradangan parah umumnya terjadi karena infeksi yang terjadi saat berhubungan seksual, seperti beberapa hal dibawah ini.

1. Hubungan Seksual

Melakukan hubungan seksual dengan cara yang tidak aman dan tidak bersih, berganti pasangan atau melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman.

1. Penyakit Menular Gonore

Penyakit seksual menular seperti gonore yang terjadi pada wanita karena berhubungan seksual dengan pasangan yang sudah terinfeksi gonore atau berhubungan seks lewat dubur ataupun oral yang menyebabkan rasa sakit, masalah pada rektum, sendi atau mata. Gejala awal pada wanita yaitu mengalami keputihan tidak normal, bila anda mengalami keluhan ini segera periksakan keluhan anda.

1. Penyakit Menular Klamidia

Penyakit seksual menular yang disebabkan Klamidia, infeksinya sangat mudah menyebar dan seringkali tidak memperlihatkan gejala  Umumnya penderita mengalami gejala baru bisa terlihat sesudah 1 sampai 3 minggu melakukan hubungan seksual.

1. Herpes Simplex Virus

Ada 2 jenis virus herpes genital (kelamin) yang timbul setelah hubungan seks tidak aman atau berganti pasangan. Jenis virus herpes yang ditularkan dibagian kelamin yakni virus herpes simpleks 1 dan juga virus herpes simpleks 2. Virus herpes ini rentan dialami oleh wanita yang masih berada dalam usia subur dan masa kehamilan yang menyebabkan janin juga bisa terjangkit virus ini dan ini menjadi penyakit kelamin penyebab dari servisitis.

1. Human Papillovirus [HPV]

Infeksi ini timbul dari hubungan seks ditandai dari tumbuhnya bintil berupa daging, bisa berbentuk kembang kol, jengger ayam berwarna abu-abu di area genital dan juga anus pada wanita. Salah satu virus penyebabnya umumnya dialami para wanita muda sekitar 17 dan 33 tahun.Bagi wanita yang sudah hubungan seks, lakukan pemeriksaan seperti tes Iva atau pap smear untuk deteksi dini.

1. Ketidakseimbangan Bakteri

Lebih banyak perkembangan bakteri tidak baik dibandingkan bakteri sehat/normal yang ada di dalam vagina akan dijangkiti dengan bakteri berbahaya yang tidak sehat yang disebut dengan nama bakteri vaginosis. Ini biasanya timbul karena kurang menjaga kebersihan kewanitaan dan memakai sabun pencuci vagina yang menimbulkan ketidakseimbangan PH vagina serta mematikan bakteri baik vagina.

1. Bakteri

Bakteri tidak baik yang tumbuh di dalam vagina yakni vaginosis bakterialis juga merupakan salah satu penyebab servisitis yang dialami wanita.

1. Alergi

Saat hubungan seks dengan menggunakan alat kontrasepsi, pada beberapa wanita yang alergi pada zat yang terkandung didalamnya, akan menonaktifkan sel sperma yang umumnya menjadi bahan pelapis dari alat kontrasepsi dan produk kewanitaan akan menimbulkan servisitis.

1. Trichomonas Vaginalis

Penyakit Ini merupakan penyakit kelamin wanita menular yang disebabkan karena parasit atau protozoa yaitu Trichomonas Vaginalis. Anda akan mengalami gejala keputihan yang berwarna kuning agak kehijauan atau putih agak abu-abu, gatal di kelamin, terasa sakit saat buang air kecil dan bau menyengat dari vagina ini juga dapat menyebabkan penyakit servisitis. Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.