PENYAKIT BARTHOLINITIS (KISTA BARTHOLINI)

0
113
PENYAKIT BARTHOLINITIS (KISTA BARTHOLINI)
PENYAKIT BARTHOLINITIS (KISTA BARTHOLINI)

PENYAKIT BARTHOLINITIS (KISTA BARTHOLINI)

PENYAKIT BARTHOLINITIS (KISTA BARTHOLINI) atau abses bartholinitis adalah peradangan dan pembengkakan pada salah satu atau kedua kelenjar Bartholini. Kelenjar bartholini ini terletak di bibir vagina dalam (labia minora). Peradangan atau pembengkakan terkadang sampai menimbulkan abses sehingga dinamakan abses bartholinitis. Pada umumnya kelenjar bartholini yang membengkak atau meradang atau abses disebabkan oleh infeksi. (klinik pandawa)

Salah satu infeksi yang paling sering adalah kuman-kuman PMS (penyakit menular seksual) atau berkaitan dengan kuman yang didapat saat berhubungan seks. Akan tetapi banyak juga banyak kasus penyakit bartholinitis atau kista bartholini atau abses bartholinitis tidak ditularkan secara seksual. Kelenjar Bartholin ukuran dan bentuknya biasanya sebesar kacang polong kecil. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kelenjar bartholini. Masing-masing memiliki tabung pendek, yang dikenal sebagai ‘saluran’. (sekitar satu inci atau 2,5 cm panjang). Kelenjar bartholini ini berfungsi membawa sekresi kelenjar ke permukaan saat berhubungan seksual. Fungsi kelenjar brtholini adalah untuk menghasilkan cairan yang dibutuhkan wanita untuk melumasi vagina saat berhubungan seksual. Kelenjar batholini menghasilkan sebagai respons terhadap kegembiraan saat hubungan seksual, dan bahwa fungsi cairan ini adalah untuk memberikan pelumasan bagi labia vagina, atau ‘bibir’. (PENYAKIT BARTHOLINITIS (KISTA BARTHOLINI))

Mengapa Wanita Bisa mengalami Penyakit Bartholinitis atau Kista Bartholini ?

Kelenjar bartholini posisinya sangat dekat dengan bagian luar vagina, kelenjar bartholini dapat terinfeksi oleh kuman yang menemukan jalan menuju saluran kecil dan masuk ke jaringan kelenjar bartholini. Disamping itu karenakan gesekan penis dan forplay saat berhubungan seksual bisa menjadi faktor pencetus kuman masuk ke saluran kelenjar bartholini. Saluran kelenjar bartholini juga bisa mengalami sumbatan sehingga timbul kista bartholini yang kemudian menjadi infeksi dan terbentuklah abses bartholini. (klinik pandawa jakarta)

@kog

Kuman Apa Saja Yang Sering Menginfeksi Kelenjar Bartholini ?

Ada banyak kuman yang bisa hinggap di area vagina mulai dari flora normal vagina sampai beberapa kuman PMS (penyakit menular seksual). Macam-macam kuman yang menyebabkan penyakit bartholinitis atau kista bartholini atau abses bartholinitis antara lain:

  • Kuman Staphylococcus yang sering ditularkan dan ditemukan pada bintik-bintik kulit dan di hidung orang.
  • Kuman Streptocccus yang sering ditemukan ditemukan pada sakit tenggorokan dan di kulit.
  • Kuman E Coliform yang ada di usus atau anus.
  • Kuman Gonococcus yaitu kuman penyebab infeksi gonore yang ditularkan melalui hubungan seksual.
  • Virus Herpes Simpleks
  • Jamur
  • Candida
  • Chlamydia

 

Oleh karena banyaknya tipe kuman yang bisa menginfeksi kelenjar bartholini (penyakit bartholinitis/kista bartholini) maka penting dan perlu sekali melakukan pemeriksaan laboratorium kuman agar pengobatan bisa lebih maksimal dan sembuh total. Sebagian pasien dan sebagian dokter terkadang menganggap sepele dengan penyakit bartholinitis atau kista bartholini atau abses bartholinitis dimana ketika diobati tidak kunjung sembuh bahkan timbul komplikasi. Hal ini disebabkan tidak dilakukannya screening kuman melalui laboratorium.

Baca Juga:

  1. Penyebab dan Gejala Penyakit Vaginitis
  2. Mengobati dan Mencegah Keputihan

Apa Saja Gejala Penyakit Bartholinitis Atau Abses Bartholinitis ?

Wanita yang mengalami penyakit bartholinitis atau abses bartholinitis atau kista bartholini akan memiliki beberapa keluhan dan gejala antara lain :

  1. Rasa sakit dan pegal di wilayah salah satu labia minora (bibir bagian dalam)
  2. Bengkak di area yang sama
  3. Mungkin sedikit cairan dari wilayah yang sama.
  4. Juga bisa disertai demam.
  5. Sakit saat duduk dan berjalan
  6. Sakit saat berhubungan seksual
  7. Sering disertai keputihan
  8. Sering disertai dengan penyakit vaginitis


Bagaimana Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Bartholinitis atau Abses Bartholinitis Di Klinik Pandawa ?

Kebanyakan pasien masih bingung mau berobat kemana ketika mengalami penyakit bartholinitis atau abses bartholinitis atau kista bartholini. Terkadang penyakit bartholinitis atau abses bartholinitisnya ketika diobati tidak kunjung sembuh malah semakin parah. Hal yang harus pasien dan dokter sadari bahwa kuman penyebab penyakit bartholinitis ini sangat beragam dan banyak sehingga perlu dilakukan screening kuman di laboratorium agar bisa diketahui pasti kuman penyebab penyakit bartholinitis atau abses bartholinitis atau kista bartholininya. Setelah diketahui pasti kuman penyebab maka pilihan obat jadi tepat juga untuk mengobati penyakit bartholinitis atau abses bartholinitis atau kista bartholini. Terkadang pengobatan saja tidak cukup dan perlu tindakan operasi khususnya pada abses bartholinitis atau kista bartholini.

 

Pencegahan terutama menjaga kebersihan vagina, jangan sembarang memakai antiseptik vagina, jangan free sex dan gonta ganti pasangan, bersihkan vagina segera pasca berhubungan seksual. dari berbagai hal termasuk hubungan seksual.

Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam mengobati dan melakukan tindakan operasi terhadap penyakit bartholinitis atau abses bartholinitis atau kista bartholini. Klinik Pandawa sudah terbiasa dan sering menangani penyakit bartholinitis atau abses bartholinitis atau kista bartholini.

Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien dengan penyakit bartholinitis atau abses bartholinitis atau kista bartholini. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan lebih maksimal. Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin. (PENYAKIT BARTHOLINITIS (KISTA BARTHOLINI))

@kog

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik di Jakarta yang menangani masalah penyakit Andrologi, Ginekologi, Bedah minor, Kulit dan Kelamin. Silahkan konsultasi GRATIS dengan menghubungi nomor 081386357761.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here