Penyakit Klamidia dan Cara Mengobatinya

0
134
Pengertian Penyakit Klamidia dan Cara Mengobatinya
Pengertian Penyakit Klamidia dan Cara Mengobatinya | Google Image

Masih banyak orang yang belum memahami apa itu klamidia dan bahayanya maka dari itu perlu di berikan edukasi tentang Pengertian Penyakit Klamidia dan Cara Mengobatinya dengan benar. Penyakit klamidia yaitu jenis penyakit kelamin wanita yang terdapat pada alat kelamin dan termasuk dalam kategori penyakit menular seksual. Bakteri adalah penyebab utama dari penyakit klamidia. Gejala awal klamidia tidak terlihat jelas sehingga penderita sering tidak sadar kalo sedang terjangkit penyakit klamidia. Oleh karena itu penderita tidak mengkhawatirkan penyakit ini dan cenderung mengabaikannya, padahal penyakit klamidia ini jika tidak segera diobati maka dapat menyebabkan masalah yang serius berupa gugurnya kehamilan yang sedang dijalani, susah mengalami kehamilan, dan dapat terjangkit komplikasi yang lebih parah lagi.

Penyebab Penyakit Klamidia

Infeksi klamidia menyebar biasanya karena kebiasaaan berhubungan intim melalui dubur atau mulut tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau yang biasanya disebut kondom, Infeksi klamidia juga dapat ditularkan oleh ibu hamil kepada bayinya saat proses persalinan. Oleh karena itu bagi ibu hamil yang mengalami gejala klamidia sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Walaupun ada kemungkinan pria mengidap penyakit ini tapi persentase wanita untuk mengidap penyakit ini lebih besar dibanding pria. Jika mereka berhubungan seks lebih dari satu orang, wanita berusia muda lebih rentan mengidap penyakit ini dibanding yang berusia lebih tua, karena wanita yang belum dewasa sel-sel serviksnya lebih rentan terkena infeksi, tapi bukan berarti penyakit ini tidak bisa mengidap wanita yang lebih tua.

@kog

Ciri ciri Penyakit Klamidia

Banyak orang yang tidak sadar kalo mereka mengalami penyakit klamidia karena di awal orang yang terinfeksi penyakit ini tidak memunculkan gejala yang jelas. oleh karena itu penderita biasanya mengabaikan dan sama sekali tidak khwatir dengan penyakit ini, padahal jika tidak diobati klamidia ini dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti susah mengalami kehamilan serta dapat mengakibatkan komplikasi penyakit yang lebih berbahaya.
inilah beberapa ciri atau tanda gejala infeksi klamidia pada wanita dan pria.

  • Terasa seperti terbakar waktu buang air kecil.
  • Keluar cairan kuning atau hijau dari vagina atau penis.
  • Diperut bagian bawah terasa nyeri.
  • Testis terasa nyeri.
  • Dispareunia yaitu hubungan seksual yang meyakitkan pada wanita.

Infeksi dapat mengalami komplikasi berupa radang panggul yang disebabkan oleh menyebarnya bakteri ke tuba falopi, komplikasi ini terjadi khusus pada wanita. jika infeksi terjadi pada radang panggul akan memunculkan gejala seperti berikut:

  • Rasa sakit dan nyeri di panggul.
  • Mual dan muntah-muntah.
  • Demam.
  • Antar periode terjadi pendarahan yang tidak normal.
  • Bisa terjadi infeksi klamidia di anus, dalam kasus ini gejala utamanya berupa sering keluar cairan dan terasa sakit dan terjadi pendarahan di daerah ini.

Waspadalah!! hati-hati jangan melakukan hubungan seksual melalui mulut dengan orang yang menderita penyakit klamidia. Sebab infeksi klamidia juga bisa berada di tenggorokan. Gejala yang dirasakan ketika klamidia menyerang tenggorokan adalah berupa demam, batuk dan sakit di tenggorokan.

Cara Mengobati Penyakit Klamidia

Infeksi klamidia bisa dengan cepat disembuhkan jika anda segera pergi memeriksakan diri ke dokter ketika gejala awal klamidia muncul. Selama pegobatan belum selesai jangan melakukan hubungan seks terlebih dulu, tunggu sampai infeksi bener-benar telah selesai diatasi.

Bahaya Penyakit Klamidia

Pada wanita jika tidak segera diobati penyakit ini dapat merusak rahim, ovarium dan leher rahim, sehingga dapat mengganggu kesuburan wanita bahkan bisa sampai terjadi kemandulan. Selain itu jika menderita klamidia dan penderita dalam keadaan hamil maka infeksi dapat menularkan bakteri pada bayi waktu proses persalinan.

Cara Terhindar dari Penyakit Klamidia

Jika anda sering berhubungan seksual cara terbaik menghindarinya adalah dengan menggunakan pengaman atau biasa disebut kondom. Selain itu pasangan anda juga harus dipastikan tidak mengidap penyakit klamidia. Selama melakukan seks oral jangan menggunakan pelindung mulut, setiap akan berhubungan dengan pasangan baru biasakan menggunakan pengaman berupa kondom agar terhindar dari penyakit klamidia dan penyakit menular seksual lainnya.

Klinik Pandawa adalah klinik khusus yang menangani penyakit kulit dan kelamin di jakarta. Jika anda mengalam gejala penyakit klamidia silahkan konsultasikan secara online dan gratis kepada kami dengan cara klik gambar dibawah ini.

@kog

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik di Jakarta yang menangani masalah penyakit Andrologi, Ginekologi, Bedah minor, Kulit dan Kelamin. Silahkan konsultasi GRATIS dengan menghubungi nomor 081386357761.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here