MOLUSCUM CONTAGIOUSM : PENYEBAB, GEJALA, FAKTOR RESIKO, DAN PENGOBATAN

penyebab radang panggul

Penyakit Moluscum Contagiousm adalah sebuah penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh virus. Penularannya dapat melalui kontak langsung maupun tidak langsung.

Di Indonesia angka kejadian penyakit Moluscum Contagiousm tergolong tinggi, yaitu sebesar 40,4% dari penyakit kulit lain. Penyakit Moluscum Contagiousm terutama menyerang anak-anak dan dewasa dengan aktivitas seksual aktif.

Virus ini dapat bertahan di permukaan yang telah tersentuh oleh kulit orang yang terinfeksi. Sehingga, penyakit Moluscum Contagiousm dapat ditularkan penularan melalui barang yang mudah terkontaminasi seperti handuk, pakaian, mainan, atau sarung tangan, dan peralatan olahraga.

Penyakit Moluscum Contagiousm merupakan infeksi virus pada kulit yang dapat menyebabkan papula seperti mutiara atau bintil merah atau putih. Dimana infeksi virus ini lebih sering mempengaruhi anak-anak.

Walaupun sering terjadi pada anak-anak, akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa. Dimana pada orang dewasa penyakit Moluscum Contagiousm dapat menyerang alat kelamin yang dapat dianggap sebagai bagian penyakit menular seksual (PMS).

Gejala Penyakit Moluscum Contagiousm

Adapun tanda dan gejala yang dapat dirasa, antara lain:

• Muncul benjolan berukuran sekitar 2 sampai 5 milimeter dan memiliki bintik di bagian tengah.
  • Berukuran sangat kecil, mengilap dan halus.
  • Berwarna merah muda atau putih.
  • Benjolan dapat muncul di bagian tubuh seperti wajah, kelopak mata, ketiak, badan dan paha (selangkangan), akan tetapi tidak muncul pada telapak tangan, telapak kaki dan mulut.
  • Benjolan yang muncul dapat disertai peradangan (pembengakakan dan kemerahan).
  • Dapat muncul satu atau berupa bercak sebanyak 20 buah.

Penyebab Penyakit Moluscum Contagiousm

Penyakit kulit ini disebabkan oleh virus yang memiliki nama yang sama dan termasuk ke dalam kelompok poxvirus yang menyerang sel kulit manusia. Dimana infeksi kulit tersebut dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita.

Biasanya pada anak-anak dapat terinfeksi ketika bermain dengan anak lain. Sedangkan pada dewasa dapat ditularkan saat berhubungan seksual atau ketika sedang berolahraga.

Faktor resiko Terkena Moluscum Contagiousm

Adapun faktor risiko yang dapat meningkatkan terkena penyakit kulit ini, antara lain:

• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Orang yang memiliki dermatitis atopik
  • Orang yang tinggal di daerah beriklim tropis
  • Anak-anak yang berusia antara 1-10 tahun
  • Orang yang aktif berolahraga, dimana sering melakukan kontak fisik seperti gulat atau sepak bola.

Penanganan Moluscum Contagiousm

Selain dengan obat-obatan, penyakit Moluscum Contagiousm dapat dihilangkan menggunakan metode ini, diantaranya:

• Terapi laser: Dimana pada metode ini, sel-sel molluscum contagiosum akan dimusnahkan dengan sinar laser
  • Cryotherapy: Dimana pada metode ini, molluscum contagiosum akan diangkat dengan terlebih dahulu dibekukan menggunakan nitrogen cair.
  • Scraping: Dimana pada metode ini, molluscum contagiosum akan dihilangkan dengan menggunakan alat pengikis yang terbuat dari logam.
  • Diathermy: Dimana pada metode ini energi panas akan akan digunakan untuk menghilangkan bintil molluscum contagiosum di kulit.

Pengobatan Penyakit Moluscum Contagiousm di Klinik Pandawa

Pasien dengan penyakit Moluscum Contagiousm yang datang ke Klinik Pandawa akan diperiksa langsung oleh dokter. Dokter akan melakukan wawancara terarah dan komprehensif terkait penyakit yang dialami.

Untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat maka dokter akan memberikan rekomendasi dan mengajak diskusi secara mendetail mengenai gejala dan tanda yang ada pada penyakit ini

Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium terkait penyakit Moluscum Contagiousm yang dialami guna memastikan penyebab pada penyakit ini.

Klinik Pandawa yang terletak di Jakarta merupakan salah satu klinik spesialis ginekologi terbaik dan terpercaya yang khusus menangani berbagai macam penyakit kelamin kewanitaan termasuk salah satunya penyakit Moluscum Contagiousm.

Pasien-pasien yang datang ke Klinik Pandawa akan ditangani langsung oleh dokter yang telah berpengalaman dan ahli di bidangnya. Banyak pasien yang puas dan berterima kasih atas pengobatan dan pelayanan yang kami berikan.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.