Penyakit Sifilis Pada Wanita dan Bahayanya

Penyakit Sifilis Pada Wanita
Penyakit Sifilis Pada Wanita | Google Image

Salah satu jenis penyakit kelamin yang menyerang wanita adalah penyakit sifilis, penyakit sifilis pada wanita disebabkan oleh bakteri spiroceta dan trepollema palidum. bakteri tesebut merupakan bakteri yang berbahaya karena dapat menyerang kekebalan tubuh seseorang. Penyakit sifilis merupakan jenis penyakit kelamin wanita yang menular. Penyebab utama penyakit ini disebabkan oleh faktor hubungan seksual yang tidak aman dan kurangnya menjaga kebersihan tubuh. Menurut penelitian penyakit sifilis yang menyerang wanita lebih sulit disembuhkan dibanding pria, dikarenakan alat kelamin wanita lebih sensitif.

Ciri-Ciri Penyakit Sifilis Pada Wanita

Gejala sifilis memang tidak terasa diawal terkena infeksi, namun ada beberapa ciri-ciri yang dapat anda rasakan ketika sudah mulai terkena infeksi. Berikut beberapa gejala penyakit sifilis pada wanita.

• Pada saluran kencing atau vagina keluar cairan yang tidak normal berupa keputihan dalam jumlah yang banyak, berwarna putih kehijauan dan bau amis.[Baca : Ciri-Ciri Keputihan Normal dan Tidak Normal]
  • Saat berhubungan seksual dan buang air kecil terasa nyeri, adanya luka kecil yang disertai dengan membengkaknya kelenjar getah bening, serta rasa gatal pada alat kelamin dan sekitarnya.
  • Terjadi perubahan warna mata dan kulit pada wanita.
  • Penyakit ini tidak menyebabkan keluhan dan gejala yang jelas, sehingga penularan mudah terjadi.
  • Membengkaknya kelenjar bartolin sebagai akibat dari komplikasi yang menyebabkan penderita susah jalan karena terasa nyeri.[Baca:Vagina Bengkak Akibat Penyakit Bartholinitis ]
  • Komplikasi ini dapat mengakibatkan kemandulan, jika komplikasi ini naik ke rongga perut dapat menyebabkan radang di usus dan perut.
  • Pada wanita maupun pria dapat terjadi infeksi ke seluruh tubuh, sendi, selaput otak, jantung dan lain-lain.
  • Pada ibu hamil dapat menyebabkan kebutaan pada bayi waktu melahirkan akibat dari infeksi jika tidak segera diobati.

Stadium Stadium Penyakit Sifilis Pada Wanita

Pada dasarnya penyakit sifilis terbagi menjadi tiga yaitu stadium pertama, stadium kedua dan stadim laten. Agar kita mengetahui seberapa parah sifilis yang sedang kita derita. Berikut penjelasan masing-masing stadium.

Stadium Pertama

Di daerah genital, mulut atau rektal muncul luka terbuka yang disebut chancre, sakit tidak dirasakan pada luka ini. Terkadang juga muncul Pembesaran kelenjar Limfe. Terkadang penderita penyakit sifilis tidak merasakan sakit, dalam waktu 4-6 minggu luka ini biasanya akan sembuh sendiriny.

Stadium Kedua

Pada stadium kedua ini ada yang berbeda dari stadium pertama. Di bagian bagian tertentu seperti kaki dan telapak tangan atau area lembab seperti skrotum dan bibir vagina akan muculnya ruam kemerahan tanpa rasa gatal. Selain ruam ini akan muncul juga gejala lain seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri otot dan kehilangan berat badan. Gejala ini akan muncul sekitar 1-6 bulan biasanya enam sampai delapan minggu.

Stadium Laten

Stadium laten terjadi ketika dilakukan pemeriksaan di laboratorium dinyatakan positif, tetapi tidak ada gejala yang ditimbulkan kalopun ada hanya sedikit. Stadium laten dibagi menjadi stadium awal dan stadium tersier. Sifilis laten awal dinyatakan dengan sudah terinfeksinya penderita selama dua tahun atau kurang yang diikuti dengan adanya gejala maupun tidak ada gejala. Pada penderita yang tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan terjadinya sifilis tersier. Berdasarkan data penderita sifilis tersier ini terjadi pada 1/3 dari penderita. Sifilis tersier akan muncul biasanya pada satu sampai sepuluh tahun setelah penderita mengalami infeksi awal, namun bisa sampai lima puluh tahun baru terinfeksi pada beberapa kasus. Stadium ini mempunyai ciri-ciri munculnya benjolan seperti tumor lunak. Pada stadium ini akan merusak beberapa organ seperti kerusakan tulang, otak, saraf, mata, otot, jantung dan organ lainnya.

Bahaya Penyakit Sifilis Pada Wanita

Pada wanita dan pria penyakit sifilis yang tidak diobati dengan baik akan dapat mengakibatkan kesehatan anda bermasalah secara serius dan permanen. Penyakit radang panggul pada wanita bisa disebabakan oleh penyakir sifilis. Gejalanya bisa ringan atau serius berupa sakit perut yang teramat sangat dan disertai demam. Penyakit radang panggul dapat menyebabkan terajadinya abses internal yaitu kantong yang berisi nanah dan sulit diobati, dan sakit pinggang yang kronis dan berlangsung tidak sebentar. Penyakit radang panggul dapat mengakibatkan rusaknya tabung falopi yang menjadi penyebab terjadinya kehamilan ektopik dan kemandulan.

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.