Sakit Saat Buang Air Kecil, Inilah Beberapa Penyebabnya

Sakit Saat Buang Air Kecil, Inilah Beberapa Penyebabnya
Sakit Saat Buang Air Kecil, Inilah Beberapa Penyebabnya | Google Image

Penyebab Sakit Saat Buang Air Kecil

Disuria atau biasa dikenal dengan sakit saat buang air kecil adalah rasa sakit yang ditimbulkan saat kita melakukan aktifitas yang berhubungan dengan buang air kecil. Keluhan ini tidak ada pengaruhnya dengan seberapa banyak frekuensi buang air kecil yang terjadi, walaupan banyak kasus disuria juga dialami oleh orang yang mempunyai gejala sering buang air kecil. Sakit saat buang air kecil dapat dialami oleh semua orang baik anak kecil, dewasa, pria, wanita maupun orang tua. Namun disuria lebih banyak dialami oleh kaum wanita karena berkaitan dengan penyakit infeksi saluran kemih yang lebih banyak diderita oleh wanita. Disuria beresiko lebih tinggi dialami oleh penderita diabetes, wanita hamil, dan penderita penyakit kandung kemih.

Gejala yang dialami penderita disuria berbeda antara pria dan wanita, tapi biasanya penderita akan merasakan sakit seperti terbakar, gatal-gatal atau pedih. Jikan anda merasakan sakit di awal melakukan buang air kecil maka biasanya anda terkena infeksi saluran kemih. Namun jika anda merasakan sakit di akhir buang air kecil maka biasanya anda terkena prostat atau kandung kemih.

Penyebab sakit saat buang air kecil ada bermacam-macam. Berikut beberapa penyebab sakit saat buang air kecil:

1. Urinary Tract Infection (Infeksi Saluran Kemih)

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi di bagian sistem kemih seperti saluran kemih, ginjal, uretra dan kandung kemih. Infeksi ini kebanyakan terjadi pada saluran kemih bawah seperti uretra dan kandung kemih. Wanita mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk terkena infeksi ini dibandingkan pria. Infeksi ini akan terasa menyakitkan jika tidak segera diobati, jika terus dibiarkan dan menyebar ke ginjal makan akan terjadi komplikasi yang berbahaya. Selengkapanya tentang Infeksi Saluran Kemih bisa baca artikel >> Infeksi Saluran Kemih dan Cara Mengobatinya.

2. Batu kandung kemih

batu kandung kemih adalah mineral yang menggumpal keras dalam kandung kemih. Ketika urin di kandung kemih mengkristal maka dapat mengakibatkan berkembangnya batu kandung kemih. Hal in terjadi karena saat buang air kecil anda tidak mengosongkan kandung kemih.

3. Infeksi Klamidia

Klamidia adalah salah satu jenis penyakit kelamin wanita yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi klamidia tidak memiliki gejala apa-apa di awal terinfeksi, namun jika tidak segera diobati dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya bagi wanita berupa terjadi kemandulan dan membahayakan kehamilan jika anda sedang hamil. Selengkapnya tentang Klamidia bisa baca artikel ini >> Penyakit Klamidia dan Cara Mengobatinya

4. Batu Ginjal

Litiasis ginjal, nefrolitiasis atau biasa disebut batu ginjal adalah gumpalan kecil mineral keras yang terjadi di dalam ginjal. Mineral dan asam garam yang membentuk batu ginjal ini mempunyai banyak pengaruh terhadap saluran kemih anda. Ketika urin terkonsentrasi saat itulah batu terbentuk dan terjadi pengkristalan dan saling melekat.

5. Vaginitis

Salah satu gejala vaginitis adalah gatal dan sakit saat buang air kecil akibat dari terajadinya peradangan pada vagina. Penyebab vaginitis biasanya karena infeksi pada vagina atau perubahan keseimbangan bakteri vagina. Penyebab lainnya adalah estrogen yang berkurang karena menopause. Beberapa tipe vaginitis yang sering terjadi adalah infeksi ragi, trichomoniasis, vaginosis bakteri, dan artofi vagina.

6. Herpes Genital

Herpes Genital merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yang bisa terjadi pada wanita maupun pria. Herpes Genital biasanya memiliki gejala gatal, sakit, dan luka yang terjadi di daerah genital yang diakibatkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Selengkapnya tentan Herpes Genital bisa baca di artikel >> Herpes SImplex .

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.