Penyebab Penyakit Gonore Pada Wanita | Google Image

Penyebab Penyakit Gonore Pada Wanita

Penyakit gonore merupakan salah satu jenis penyakit kelamin wanita yang menjengkelkan, menyeramkan dan menyusahkan. Penyakit ini menimbulkan bau yang tak enak pada penderita dan orang disekitarnya. Penderita penyakit ini bisa semakin bingung dan stres bila mengidap penyakit ini. Penyakit menular seksual yang paling mudah menular salah satunya adalah gonore atau kencing nanah. Kontak seks adalah salah satu penyebab utama dari penularan penyakit seks menular, tapi penyakit gonore juga bisa ditularkan tanpa melakukan kontak seks, seperti kontak badan yang dekat dan ciuman. Transfusi darah, makanan, alat suntik yang digunakan untuk obat bius juga bisa jadi penyebab menularnya penyakit karena kuman patogen.

Gejala dan Ciri Gonore Pada Pria dan Wanita

Gejala gonore biasanya ditandai dengan keluarnya nanah berwarna kuning, hijau atau putih atau bisa juga disebut Disuria dari uretra yang muncul biasanya pada 1-14 hari setelah terkena infeksi. Penyakit Gonore pada pria dapat menyebabkan komplikasi berupa epididimitis dapat juga terjadi nyeri atau rasa sakit pada skrotum dan testis. Gonore pada pria jarang menunjukan gejala, tiba-tiba saja sudah terkena infeksi.

Banyak wanita yang salah mengartikan gejala gonore yang dialami. Gejala penyakit gonore yang dialami pada wanita tidak spesifik dan tergolong ringan yang menyebabkan para wanita salah mengartikannya. tidak sedikit yang menganggap kalo itu merupakan penyakit infeksi vagina atau kandung kemih. Salah satu gejala penyakit gonore pada wanita yaitu meningkatnya cairan vagina yang keluar atau keluarnya darah padahal bukan masa haid di vagina. Komplikasi bisa saja terjadi pada wanita yang mengalami gonore walau gejala yang muncul tidak banyak salah satunya adalah menggannggu kesuburan wanita.

Pada dubur pria dan wanita juga bisa mengalami infeksi gonore dengan gejala seperti gatal pada anal, nyeri, keluarnya cairan, buang air besar yang menyakitkan bahkan bisa juga terjadi pendarahan. Infeksi bakteri gonore juga bisa terjadi pada tenggorokan. Infeksi ini menyebabkan tenggorokan terasa sakit tetapi biasanya tidak ada gejala yang ditimbulkan. Jika gonore yang diderita pria maupun wanita tidak segera diobati dapat mengganggu masalah kesehatan yang serius dan permanen.

Bahaya Penyakit Gonore

Pada wanita gonore dapat menyerang rahim atau tuba tabung yang bisa berakibat terkena penyakit radang panggul atau Endometriosis. Munculnya gejala bisa bermacam-macam mulai dari yang ringan seperti sakit perut dan demam sampai yang sangat parah.

Pada pria penyakit gonore dapat mengakibatkan komplikasi epidemitis dan dapat juga mengakibatkan kemandulan walau presentasenya kecil. Jika tidak segera diobati penyakit gonore pada pria juga bisa mengakibatkan DGI (Disseminated Gonococal Infection) dan infeksi gonokokal, kondisi komplikasi gonore ini dapat mengancam nyawa.

Penyakit gonore yang tidak di obati juga beresiko meningkatkan resiko tertularnya virus HIV yaitu virus utama yang menyebabkan penyakit AIDS. Namun jangan khawatir bila diobati dengan tepat , melakukan pemeriksaan dan pengobatan sesuai anjuran dokter gejala akan berkurang dan kondisi anda akan membaik. Kenapa perlu melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter? karena bakteri gonore mudah sekali resisten (kebal) terhadap obat, disarankan untuk tidak melakukan pengobatan sendiri.

Bahaya lain penyakit gonore yaitu dapat menyerang janin yang ada pada kandungan ibu hamil. janin dapat terkena infeksi saat janin keluar melewati jalan lahir selama persalinan. pada bayi gonore dapat mengakibatkan infeksi sendi, kebutaan, dan infeksi darah yang mengancam nyawa bayi. komplikasi ini dapat dicegah dengan melakukan pengobatan gonore setelah infeksi mulai terdeteksi. untuk pemeriksaan dan pengobatan yang tepat ibu hamil harus selalu rajin konsultasi dengan dokter kelamin.

@Kog

Pengobatan Gonore

Pengobatan yang tepat dan efektif dapat menyembuhkan gonore. Ada dua macam jenis obat yang direkomendasikan oleh dokter. semua obat yang diresepkan oleh dokter harus dihabiskan karena jika tidak bakteri akan kebal terhadap obat-obatan sehingga penyembuhan akan semakin sulit, jika lebih dari beberapa hari setelah pengobatan gejala terus berlanjut sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Semua pasangan seks penderita penyakit gonore harus segera diberitahu agar mereka dapat dengan segera mengobatinya. Sebelum gonore yang mereka derita semakin parah, hal ini dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit gonore yang lebih serius.

Sebelum seorang penderita gonore menyelesaikan pengobatanya dengan tuntas, seorang penderita gonore harus menghindari berhubungan seksual. Berhubungan dengan orang yang bebas penyakit kelamin dapat mencegah terjadinya penularan penyakit gonore. Penggunaan alat pengaman seperti kondom lateks yang benar dan konsisten juga dapat mencegah terjadinya penularan.

Klinik Pandawa adalah klinik spesialis kulit dan kelamin yang beralamat di Jakarta dan khusus menangani masalah penyakit Andrologi, Ginekologi, Bedah minor, Kulit dan Kelamin. Jika anda mengalami gejala seperti diatas anda bisa melakukan konsultasi online GRATIS dengan cara klik gambar di bawah ini. Privasi dan kerahasian anda di jamin aman.