Penyebab dan Gejala Penyakit Vaginitis

Penyebab dan Gejala Penyakit Vaginitis- Klinik Pandawa

Penyebab dan Gejala Penyakit Vaginitis

Penyebab dan Gejala Penyakit Vaginitis- Klinik Pandawa. Penyakit vaginitis merupakan peradangan mukosa pada bibir dan dinding vagina yang dapat mengakibatkan keputihan. Diperkirakan lebih dari 200 juta wanita diseluruh dunia terinfeksi penyakit vaginitis. Studi yang dilakukan mengindikasikan bahwa penyakit vaginitis dapat meningkatkan transmisi Human Immunodeficiency Virus (HIV) atau dapat mengakibatkan keganasan pada servix. Pada umunya wanita pernah mengalami penyakit vaginitis setidaknya sekali dalam hidup, yang dapat terjadi pada wanita dengan usia berapapun. Akan tetapi paling sering terjadi pada wanita muda yang sudah aktif secara seksual. Penyebab dan Gejala Penyakit Vaginitis- Klinik Pandawa. (klinikginekologijakarta.com)

Apakah Penyakit Vaginitis Itu ?

Penyakit Vaginitis adalah peradangan yang terjadi pada bibir dan dinding mucosa vagina, dimana penyakit vaginitis dapat disebabkan oleh berbagai hal diantaranya oleh infeksi bakteri, virus, jamur, parasit, gangguan keseimbangan hormone, bahkan alergi. Penyakit vaginitis merupakan salah satu penyakit tersering yang menyebabkan wanita melakukan konsultasi dan pengobatan ke dokter. (Penyebab dan Gejala Penyakit Vaginitis- Klinik Pandawa)

@kog

Apa Saja Penyebab Penyakit Vaginitis?

Beberapa penyebab penyakit vaginitis antara lain :

• Infeksi jamur:

Dapat terjadi apabila organisme jamur terutama Candida Albicans tumbuh pada vagina. Selain dapat menyebabkan infeksi jamur pada vagina, candida albicans juga adalah penyebab utama dari infeksi dibagian tubuh lainnya yang lembab.

• Bacterial vaginosis:

Dimana dapat terjadi dika bakteri jahat lebih banyak dibandingkan dengan bakteri baik yang biasa disebut keseimbangan vagina terganggu. Akan tetapi jika bakteri anaerobic yang terlalu banyak serta dapat mengganggu keseimbangan, hal ini akan menyebabkan bacterial vaginosis. Jenis penyakit vaginitis ini dapat terjadi pada wanita yang aktif berhubungan seksual

• Trichomoniasis:

Dimana merupakan penyakit vaginitis tersering yang diakibatkan oleh trichomonas. Bakteri ini dapat menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terkena infeksi.

• Penyakit Vaginitis yang tidak menular:

Dimana biasanya ditandai dengan gatal-gatal, perih, dan cairan kadang tanpa infeksi. Seringkali disebabkan reaksi alergi atau iritasi dari berbagai produk dan bahan-bahan kimia, misalnya kandungan sabun, pewangi pakaian, pembersih vagina, spermisida atau kondom yang dapat memicu reaksi alergi. (Penyebab dan Gejala Penyakit Vaginitis- Klinik Pandawa)

Apa Saja Faktor Resiko Terkena Penyakit Vagiitis ?

Adapun faktor risiko yang dapat meningkatkan terkena penyakit vaginitis antara lain :

• Kurang menjaga kebersihan terutama pada bagian organ intim
  • Efek samping dari penggunaan obat-obatan
  • Pasien yang memiliki penyakit diabetes yang terkendali
  • Sering menggunakan pakaian yang ketat dan lembab
  • Penggunaan kontrasepsi IUD (Intrauterine Device)
  • Aktif berhubungan seksual serta sering bergonta-ganti pasangan

@kog

Apa Saja Tanda dan Gejala Penyakit Vaginitis  ?

Gejala umum dari penyakit vaginitis antara lain :

• Keputihan yang berbau tidak sedap
  • Iritasi dan gata-gatal pada bagian vagina atau pada area yang terinfeksi
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri saat berhubungan intim
  • Perdarahan atau bercak-bercak pada vagina

Sedangkan berdasarkan jenis vaginitis, tanda dan gejalanya sebagai berikut:

• Bacterial vaginosis:

Terdapat cairan berwarna putih keabuan dan berbau busuk. Bahkan vagina Anda mungkin gatal dan berbau amis

• Infeksi Jamur:

Gatal pada kemaluan, nyeri saat buang air kecil, terasa seperti terbakar pada kemaluan

• Trichomoniasis:

Bau busuk yang tidak sedap, bahkan dapat menyebabkan keluar cairan berwarna kuning kehijauan, kadang berbusa

Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Vaginitis?

• Selalu menjaga kebersihan vagina dan sekitarnya serta tetap kering, dengan mengganti pakaian dalam setiap setelah buang air kecil dan buang air besar. Serta pastikan tidak menggunakan sabun pembersih vagina
  • Menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat serta berbahan katun
  • Tidak bergonta-ganti pasangan seksual

Bagaimana Cara Pengobatan Penyakit Vaginitis?

Untuk mengobati penyakit vaginitis, dokter akan menyesuaikan dengan penyebab penyakit vaginitis yang dialami pasien. Pengobatannya bisa meliputi obat anti jamur dan antibiotik. Penyakit vaginitis memang tidak berakibat fatal. Akan tetapi, jika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi-komplikasi tertentu, seperti lebih rentan terkena penyakit menular seksual seperti chlamidia dan HIV. Sedangkan bagi pasien yang sedang hamil, penyakit vaginitis dapat memicu kelahiran prematur dan berat bayi lahir rendah.

Bagaimanakah Pengobatan Penyakit Vaginitis di Klinik Pandawa

Pasien dengan penyakit vaginitis yang datang ke Klinik Pandawa akan diperiksa oleh dokter . Dokter akan melakukan wawancara terarah dan komprehensif terkait penyakit vaginitis yang dialami. Untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat maka dokter akan memberikan rekomendasi dan mengajak diskusi secara mendetail mengenai gejala dan tanda yang ada pada penyakit vaginitisnya. Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium terkait penyakit vaginitis yang dialami guna memastikan penyebab pada penyakit vaginitis. (Penyebab dan Gejala Penyakit Vaginitis- Klinik Pandawa)

Klinik Pandawa yang terletak di Jakarta Pusat merupakan salah satu klinik spesialis ginekologi terbaik dan terpercaya yang khusus menangani berbagai macam penyakit kelamin kewanitaan termasuk salah satunya penyakit vaginitis. Pasien-pasien yang datang ke Klinik Pandawa akan ditangani langsung oleh dokter yang telah berpengalaman dan ahli dibidangnya. Banyak pasien yang puas dan berterima kasih atas pengobatan dan pelayanan yang kami berikan. Rata-rata tidak ada keluh kesah dan keberatan.

Perlu anda ketahui apa saja keunggulan klinik pandawa dibanding klinik lainnya yang setara antara lain :

• Biaya berobat yang relatif terjangkau dan murah.
  • Memiliki ruangan full AC
  • Parkir luas dan gratis
  • Laboratorium dan apotik
  • Alat medis modern termasuk alat laser, USG, Rontgen.

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.