Penyebab Gatal Pada Kemaluan Wanita

Penyebab Gatal Pada Kemaluan Wanita
Penyebab Gatal Pada Kemaluan Wanita | Google Image

Gatal pada kemaluan wanita secara terus menerus tentu akan sangat mengganggu. Kondisi seperti ini akan mengakibatkan kekhawatiran berlebih pada wanita. Kebanyakan dari mereka tidak tahu penyebab rasa gatal di kemaluannya dan akan merasa malu jika harus berkonsultasi. Jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus akan sangat berbahaya karena ada banyak macam penyakit dengan gejala gatal pada kemaluan wanita yang bahaya jika tidak segera dilakukan pengobatan.

Penyebab Rasa Gatal Pada Kemaluan Wanita

Kemaluan wanita terasa gatal bisa terjadi karena banyak faktor. Berikut beberapa faktor yang sering menyebabkan rasa gatal pada kemaluan wanita:

@Kog

Terjadinya iritasi pada pembalut dan celana dalam

Kemaluan wanita adalah bagian organ wanita yang sangat sensitif sehingga dalam perawatannya diperlukan perhatian khusus. Gatal yang anda rasakan bisa dikarenakan dari celana dalam yang anda pakai tidak sesuai seperti basah, terlalu ketat dan kotor. Kemaluan wanita ini membutuhkan aliran udara yang cukup agar dapat selalu bersih kondisinya. jika kemaluan wanita lembab maka bakteri akan cepat tumbuh dengan baik.
Selain celana dalam pembalut juga dapat menjadi penyebab rasa gatal pada daerah kemaluan yang anda alami. Tidak semua pembalut cocok dengan kemaluan wanita, hindari pembalut yang mengandung klorin, klorin adalah bahan kimia berbahaya yang dapat mengakibatkan iritasi sampai rasa gatal pada kemaluan anda.

Infeksi Jamur

Penyebab utama rasa gatal pada kemaluan wanita biasanya dikarenan oleh jamur. Jika anda kurang menjaga kebersihan biasanya pada area sensitif wanita dapat mengakibatkan terjadinya infeksi jamur, penyakit seperti keputihan, bintik merah yang gatal dapat terjadi karena adanya jamur, apabila tidak ditangani sesegera mungkin jamur juga dapat menularkan ke pasangan anda.

Kutu Kudis

Kutu kudis dapat mengakibatkan gatal-gatal di area kemaluan dan selangkangan. Orang yang sudah terlebih dulu mengalami kondisi ini dapat menularkan ke pasangannya melalui hubungan seksual.

Cairan Pembersih Kewanitaan

Zat kimia tertentu dapat mengakibatkan reaksi alergi berupa gatal dan perih. Alergi dapat dengan mudah terjadi pada area kemaluan wanita, karena organ tersebut sangat sensitif dan mempunyai struktur yang berbeda dengan kulit, sehingga kita harus hati-hati waktu memilih cairan pembersih untuk organ kemaluan wanita kita.

Penyakit Eksim atau Dermatitis

Iritasi pada kemaluan dan kulit termasuk salah satu ciri-ciri dari penyakit Dermatitis. penyakit ini ditandi dengan gatal dan berubahnya warna kulit menjadi kemerahan yang dapat menyebabkan sisik berkerak atau lepuh yang mengandung cairan.

Penyakit Menular Seksual

Rasa gatal pada daerah selangkangan dapat terjadi karena kita mengalami penyakit menular seksual. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Trikomoniasis yang juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada area kemaluan wanita. Jenis penyakitnya adalah keputihan yang merupakan salah satu penyakit kelamin wanita.

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik yang ada di Jakarta yang menangani masalah penyakit Andrologi, Ginekologi, Bedah minor, Kulit dan Kelamin. Jika anda mengalami masalah pada organ reproduksi anda, anda bisa melakukan konsultasi online GRATIS dengan cara klik gambar di bawah ini. Privasi dan kerahasian anda di jamin aman. Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.