VAGINA BAU TAK SEDAP SAAT KEPUTIHAN, INI PENYEBABNYA!

vagina bau tak sedap
Vagina berbau tak sedap bisa ditimbulkan oleh kurang bersihnya organ genital Anda.

Setiap wanita perlu memperhatikan kesehatan area vital atau vaginanya masing-masing. Hal utama yang harus menjadi perhatian setiap wanita adalah aroma Miss V. Apa kamu pernah mengalami dan mencium vagina bau tak sedap saat keputihan?

Aroma pada vagina atau Miss V bisa kita pakai sebagai acuan apakah area Miss V kamu sehat atau dalam keadaan bermasalah. Umumnya wanita memang mempunyai aroma vagina yang berbeda-beda dan tidak ada vagina yang bebas bau. Vagina bau tak sedap yang cenderung mengganggu dan menyengat bisa menjadi masalah besar bagi kamu. Vagina bau tak sedap sendiri sering membuat para wanita resah dan gelisah. Tetapi, biasanya kita lebih sensitif pada aroma Miss V kita dan bukan berarti orang sekitar kita bisa menciumnya.

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan aroma vagina berubah-ubah. Seperti,  melakukan aktivitas yang berkeringat atau olahraga, menstruasi, keputihan dan perubahan tingkat keasaman vagina. Namun, jika vagina bau tak sedap disertai gejala lain, seperti nyeri, gatal-gatal, atau mengeluarkan cairan, jangan pernah kamu sepelekan.

Penyebab Vagina Bau

Vagina merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi wanita. Menjaga kesehatan dan kebersihan area vagina adalah hal yang utama dilakukan setiap wanita. Baiknya kita kenali dahulu penyebab vagina bau tak sedap pada wanita yang bisa dialami kapan saja, dan berguna untuk mengetahui apakah aroma vagina berbahaya atau tidak.

• Adanya Bakteri Vaginosis (Vaginosis Bakterialis). Pasalnya, vagina memiliki penghuni bakteri baik yang melindungi vagina dengan membuat keasaman pada vagina. Namun oleh karena vaginosis bakterialis, jumlah bakteri baik berkurang dan terinfeksi bakteri. Maka keasaman vagina menurun dan memicu bakteri penyakit meningkat. Vagina bau tak sedap merupakan salah satu gejala yang muncul dari kondisi ini. Kemunculan bakteri vaginosis juga dapat menyebabkan munculnya vagina gatal, cairan keputihan cenderung keabuan bahkan bisa kehijauan dan nyeri saat kencing.
  • Infeksi dari jamur Candida albicans. Pada dasarnya jamur ini alami berada di vagina. Namun ketika berkembang biak terlalu banyak dan liar justru jamur ini bisa menimbulkan masalah. Biasanya seorang wanita mengalami infeksi jamur kandida dapat dipengaruhi karena hamil, lemahnya daya tahan tubuh, stress atau yang sedang dalam pengobatan. Kamu bisa kenali gejala dari infeksi jamur kandida ini, mulai dari rasa gatal pada vagina, vagina bengkak, kencing nyeri, ruam pada vagina dan keputihan yang berbau.
  • Trikomoniasis. Kondisi ini merupakan salah satu dari penyakit menular seksual. Hal ini disebabkan oleh infeksi parasit dari Trichomoniasis Vaginalis. Penyakit ini menular melalui hubungan seksual yang tidak aman seperti tidak menggunakan kondom. Berbagai gejala lain yang kerap muncul pada penyakit ini, seperti vagina gatal, sakit saat melakukan hubungan seksual, dan vagina bau tak sedap yang sangat mengganggu
  • Penggunaan Vagina Douching. Douching adalah teknik membersihkan bagian dalam vagina dengan menyemprotkan larutan air dengan cuka, soda atau yodium bahkan parfum. Dengan douching, berarti kamu sudah menghilangkan dan membuang seluruh bakteri baik yang hinggap di area vagina. Dan, membuka jalan munculnya bakteri jahat yang dapat menyebabkan vagina bau tak sedap dan infeksi vagina lainnya.
  • Perubahan hormon. Jika kamu sedang mengalami hormon yang berubah-ubah, entah karena menggunakan pil KB atau sedang terapi hormon, dapat menyebabkan bakteri meningkat dan otomatis vagina bau tak sedap.

Pencegahan agar Vagina Tidak Berbau

Ada yang bisa kamu lakukan untuk mencegah vagina bau tak sedap, antara lain:

• Menjaga kebersihan Vagina
    Jika kamu sedang haid atau keputihan, perhatikan penggunaan pembalut atau pantyliner-nya. Ingatlah untuk rajin mengganti pembalut kamu. Jangan sampai menunggu seharian atau lebih dari 6 jam. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit kelamin bahkan kamu juga bisa menyebabkan infeksi menular seksual kepada pasanganmu. Menjaga kebersihan vagina juga tidak diharuskan menggunakan sabun khusus atau douching. Karena menggunakan sabun tersebut akan mengubah keseimbangan pH dan bakteri baik yang ada dalam vagina. Kamu bisa membersihkan vagina dengan menyiramnya dengan air bersih dari arah depan dan bukan dari belakang. Kemudian, kamu keringkan dengan handuk atau tisu dengan tap-tap lembut.
  • Rajin mengganti celana dalam
    Walau sedang tidak dalam masa haid, baiknya kamu juga mengganti celana dalam kamu. Hal ini memang baik untuk cegah vagina bau tak sedap. Vagina bau tak sedap tersebut timbul karena campuran keringat, sisa urin atau keputihan yang menempel pada celana dalam. Nah, begitu juga kamu saat membeli pakaian dalam yang baru baiknya cuci terlebih dahulu. Karena dipakaian yang masih baru tersimpan banyak bakteri, atau sisa pengawet.
  • Hindari hubungan seksual yang tidak aman
    Kondisi ini akan meningkatkan kamu terkena penyakit menular seksual, seperti gonore, sifilis, herpes, HIV dan kutu kelamin. Sehingga baiknya kamu tahu dahulu riwayat dari pasangan kamu atau gunakanlah kontrasepsi.

Cara Mengobati Vagina Bau di Klinik Pandawa

Bila Anda terkena penyakit vagina bau jangan ragu untuk datang ke Klinik Pandawa. Karena klinik ini merupakan salah satu klinik terbaik dalam menangani pasien vagina bau. Sudah banyak pasien dengan masalah vagina bau yang berhasil disembuhkan dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani pasien dengan keluhan vagina bau dan penyakit menular seksual lainnya. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk mendapatkan penanganan yang terbaik dan terpercaya.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.