Vagina Terasa Gatal? Kenali Dan Ketahui Penyebabnya

Vagina Gatal Membuat Anda Tidak Nyaman? Kenali Dan Ketahui Penyebabnya!

Rasa gatal pada area kewanitaan aatau di vagina bisa sangat mengganggu dan membuat rasa tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan kurang percaya diri. Pada Umumnya, rasa gatal pada area vagina bukan merupakan kondisi serius yang bisa membahayakan jiwa, namun,hal itu bukan berarti dapat disepelekan karena rasa gatal yang muncul di area vagina bisa saja disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri bahkan bisa menjadi gejala penyakit tertentu seperti penyakit menular seksual yang memerlukan pengobatan dan penanganan khusus.

Beberapa Kemungkinan Penyebab Vagina Gatal

• Pemakaian krim atau cairan pembersih vagina.
  • Pengaruh tingkat estrogen yang tidak stabil.
  • Penggunaan pembalut saat haid.
  • Efek dari bahan kimia dari sabun atau produk pembersih tubuh lain.
  • Keputihan berlebih (abnormal).
  • Memakai pakaian dalam yang terlalu ketat, atau bahan pakaian yang tidak dapat menyerap keringat.
  • Adanya infeksi penyakit menular seksual seperti chlamydia, kutil, dan herpes.
  • Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.
  • Adanya stress

Pada umumnya penyebab vagina gatal lebih banyak disebabkan karena  infeksi jamur yang penularannya bisa melalui dua cara. Ada yang bisa tertular lewat hubungan seks, ada juga yang tertular akibat kurang menjaga kebersihan vagina. Infeksi jamur, kuman atau bakteri pada vagina juga bisa menyebar melalui pasangan Anda, lho!

Infeksi jamur pada vagina juga bisa menyebar melalui kontak seksual salah satunya lewat oral seks dengan orang atau pasangan yang sudah terinfeksi sebelumnya. Apalagi jika wanita mempunyai riwayat bergonta-ganti pasangan seksual. Hal tersebut, bisa menyebabkan pH vagina berubah yang pada akhirnya banyak jamur atau bakteri yang tertinggal di vagina. Setelah melakukan hubungan seksual, dianjurkan untuk membersihkan vagina supaya bakteri atau jamur tidak tertinggal di dalam vagina.

Gatal di vagina perlu diatasi dan diobati sesuai dengan penyebabnya. Jika mengalami infeksi jamur, maka dibutuhkan obat antijamur. Jika gatal di vagina  terjadi karena infeksi bakteri seperti gonore, kutil kelamin atau penyakit menular seksual lainnya, maka dibutuhkan penganan lebih lanjut karena jika terindentifikasi penyakit menular seksual akan lebih berbahaya dan bisa menularkan juga ke pasangan. Jika ada keluhan gatal di vagina sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Bagaimana Prosedur Pengobatan Vagina Gatal Di Klinik Pandawa?

Dokter dapat mendiagnosis keluhan pasien dengan melakukan pemeriksaan fisik dan memeriksa area genital. Kemudian dokter juga akan bertanya tentang gejala dan masalah lain yang mungkin di derita untuk memastikan penyebabnya apa jadi pengobatan yang diberikan juga akan lebih tepat dan sesuai.

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terbaik yang ada di Jakarta. Ada banyak pasien yang sembuh setelah melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Pandawa dan hampir tidak ada keluhan dan komplikasi. Biaya pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Pandawa relatif murah dan terjangkau.

Beberapa keunggulan Klinik Pandawa antara lain :

• Memiliki fasilitas dan alat medis yang sangat memadai, modern dan lengkap.
  • Semua ruangan full AC.
  • Memiliki area parkir luas dan gratis.
  • Dilalui semua sarana transportasi seperti angkot, bajaj, busway, kereta KRL.
  • Berada disekitar pusat perbelanjaan, mall dan hotel.
  • Memiliki apotik, laboratorium, USG dan Rontgen.

Apabila Anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS/ Telp pada tombol Web atau ke nomer HP 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.

Gd Baja lt GF2 Tower B Jl. Pangeran Jayakarta No.55 Jakarta Pusat.

Hubungi Kami

Email Kami