Waspadai Benjolan di Vagina

Memiliki benjolan di vagina tentunya akan membuat  anda panik dan cemas. Benjolan yang muncul  di vagina  juga disebut kista.  Kenapa dikatakan kista ? karena ciri-ciri dari kista ini berupa cairan, dan zat lainnya. Bahkan ada beberapa jenis benjolan yang memiliki bentuk  sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Umumnya kondisi ini tidak berbahaya, Namun bila sudah semakin besar dan nyeri sangat berbahaya. Kenapa ? karena jika ada rasa nyeri tentu akan mengganggu saat hubungan seksual, tentu akan mengganggu kerhamonisan. Untuk itu anda perlu analisa apakah anda mengalami gejala seperti yang dijelaskan dibawah ini :

@kog

1. Kista Inklusi (Kista Vagina)

Kista seperti ini termasuk adalah jenis kista vagina yang paling umum dan sering dialami wanita. Berbentuk sangat kecil dan terletak di bagian belakang tepatnya bawah dinding vagina.

2. Kista Kelenjar Bartholin

Kista  bartholin adalah kista yang berisi cairan yang terbentuk di kelenjar bartholin. Sedangkan kelenjar  bartholin tempatnya berada di kedua sisi vagina dan bertugas untuk melumasi bibir vagina (labia). Akibat bukaan kelenjar yang terhambat sehingga cairan yang harusnya dikeluarkan malah kembali lagi masuk ke dalam kelenjar. Sehingga terjadi penumpukan cairan yang mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar. Umumnya kondisi ini tidak menghasilkan rasa nyeri. Akan tetapi jika cairan di dalam kelenjar bartolin terinfeksi dan meradang maka akan membentuk seperti kumpulan nanah di dalamnya sebagai bentuk perlawanan terhadap infeksi dan bisa terasa nyeri.

3 Kista Duktus Gartner

Kista jenis ductus gartner ini biasanya muncul pada daerah dinding vagina (ductus gartner). Duktus gartner ini aktif saat janin sedang bertumbuh namun biasanya akan menghilang setelah lahir. Akan tetapi pada beberapa kasus yang telah terjadi sebagian duktus ini terisi cairan yang lama-lama berkembang menjadi kista.

Apa Yang Harus Dilakukan

Pemberian obat pada benjolan di vagina disesuaikan dengan jenis kista dan apa penyebab terbentuknya. Dalam kasus kista vagina harus mendapatkan obat dan perawatan yang tepat yang bisa digunakan untuk membantu mempercepat dan menghilangkan kista yang cenderung berbahaya. Yaitu

1. Pengobatan

Dokter akan meresepkan beberapa obat jika setelah diperiksa secara mendalam ternyata kista di vagina disebabkan karena adanya infeksi. Dengan begitu harus dicari tahu jenis apa yang menginfeksi? Setelah itu dokter akan meresepkan pengobatan bila ada infeksi menular seksual akibat bakteri. Bila kumpulan nanah pada benjolan berhasil dikeringkan melalui prosedur lainnya maka dokter tidak akan meresepkan obat untuk infeksi menular seks.

2. Pembedahan drainase

Biasanya untuk prosedur pembedahan yang dilakukan dengan tujuan mengeringkan kista jika sudah terinfeksi atau berukuran sangat besar. Prosedur drainase kista dapat dilakukan dengan menggunakan bius lokal atau sedasi.

Dalam prosedur ini dokter akan melakukan insisi kecil pada kista agar memungkinkan cairan di dalamnya keluar dan kering.

3. Marsupialisasi

Prosedur ini digunakan untuk mengobati kista yang kambuh dan keberadaannya mengganggu aktivitas keseharian. Dokter akan menempatkan jahitan di sisi dari sayatan untuk mengeluarkan cairan. Prosedur ini untuk membantu mencegah kekambuhan berulang.

Selain penjelasan mengenai pengobatan di atas, usahakan untuk menghindari pakaian dalam yang terlalu sempit yang dapat merobek vulva vagina (bagian luar vagina). Sebaiknya gunakan juga celana dalam yang terbuat dari bahan aman seperti katun untuk menjaga alat kelamin Anda tetap sejuk dan kering. Segera konsultasikan dan periksakan keluhan anda bila anda mengalami gejala kista, jangan melakukan pengobatan sendiri karena bila kista disebabkan karena adanya suatu infeksi maka pengobatannya harus disesuaikan dengan apa penyebab infeksi.

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.