Waspadai Munculnya Benjolan Pada Vagina

Memiliki benjolan di vagina tentunya dapat membuat Anda merasa panik dan cemas. Benjolan yang muncul  di vagina  bisa juga mengarah ke kista.  Kenapa dikatakan kista ? karena ciri-ciri dari kista ini berupa cairan, dan zat lainnya. Bahkan ada beberapa jenis benjolan yang memiliki bentuk  sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Umumnya kondisi ini tidak berbahaya, namun bila sudah semakin besar disertai  nyeri akan sangat berbahaya. Kenapa ? karena jika ada rasa nyeri tentu bisa mengganggu saat berhubungan seksual dan akan berdampak pada  kerhamonisan antara pasangan.

Beberapa Jenis Kista

1. Kista Inklusi (Kista Vagina)

Kista inklusi termasuk kedalam jenis kista vagina yang paling umum dan sering dialami oleh wanita. Bentuknya sangat kecil dan letaknya berada di bagian belakang tepatnya dibawah dinding vagina.

1. Kista Bartholini

Kista  bartholini adalah kista yang berisi cairan yang terbentuk di kelenjar bartholin. Sedangkan kelenjar  bartholin tempatnya berada di kedua sisi vagina dan berfungsi untuk menghasilkan pelumas pada saat berhubungan seksual. Kista bartolini terjadi akibat adanya  penumpukan cairan yang mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar bartolin. Umumnya kondisi ini tidak menghasilkan rasa nyeri, akan tetapi jika cairan di dalam kelenjar bartolin terinfeksi dan meradang maka akan membentuk seperti kumpulan nanah di dalamnya sebagai bentuk perlawanan terhadap infeksi dan bisa terasa nyeri.

1. Kista Duktus Gartner

Kista ductus gartner ini biasanya muncul pada daerah dinding vagina (ductus gartner). Duktus gartner ini aktif saat janin sedang bertumbuh namun biasanya akan menghilang setelah lahir. Akan tetapi pada beberapa kasus yang telah terjadi sebagian duktus ini terisi cairan yang lama-lama berkembang menjadi kista.

Bagaimana Prosedur Pengobatan Yang Dilakukan Terhadap Pasien Kista Di Klinik Pandawa?

Pemberian obat harus disesuaikan dengan jenis kista dan apa penyebab terbentuknya. Dalam kasus kista vagina harus mendapatkan obat dan perawatan yang tepat supaya bisa membantu mempercepat dan menghilangkan kista yang cenderung berbahaya.  Perawatan itu antara lain :

1. Pengobatan

Dokter akan meresepkan beberapa obat jika setelah diperiksa secara mendalam ternyata kista di vagina disebabkan karena adanya infeksi. Dengan begitu harus dicari tahu jenis apa yang menginfeksinya.

1. Pembedahan drainase

Biasanya untuk prosedur pembedahan yang dilakukan dengan tujuan mengeringkan kista jika berukuran sangat besar. Prosedur drainase kista ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan bius lokal. Dalam prosedur ini dokter akan melakukan insisi kecil pada kista agar memungkinkan cairan di dalamnya keluar dan kering.

1. Marsupialisasi

Prosedur ini digunakan untuk mengobati kista yang kambuh dan keberadaannya mengganggu aktivitas sehari-hari. Dokter akan menempatkan jahitan di sisi dari sayatan untuk mengeluarkan cairan. Prosedur ini untuk membantu mencegah kista kambuh lagi.

Selain penjelasan mengenai pengobatan di atas, usahakan untuk menghindari pakaian dalam yang terlalu sempit yang dapat merobek vulva vagina (bagian luar vagina). Sebaiknya gunakan juga celana dalam yang terbuat dari bahan aman seperti katun untuk menjaga vagina tetap sejuk dan kering. Segera konsultasikan dan periksakan keluhan Anda bila mengalami gejala kista, jangan melakukan pengobatan sendiri karena bila kista disebabkan oleh infeksi maka pengobatannya harus disesuaikan dengan apa penyebab infeksinya.

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis yang bisa mengobati penyakit kista pada vagina dan penyakit kulit dan kelamin terbaik yang ada di Jakarta. Ada banyak pasien yang sembuh setelah melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Pandawa dan hampir tidak ada keluhan dan komplikasi. Biaya pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Pandawa relatif murah dan terjangkau.

Beberapa keunggulan Klinik Pandawa antara lain :

• Memiliki fasilitas dan alat medis yang sangat memadai, modern dan lengkap.
  • Semua ruangan full AC.
  • Memiliki area parkir luas dan gratis.
  • Dilalui semua sarana transportasi seperti angkot, bajaj, busway, kereta KRL.
  • Berada disekitar pusat perbelanjaan, mall dan hotel.
  • Apotik, laboratorium, USG dan Rontgen.

Apabila Anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS/ Telp pada tombol Web atau ke nomer HP 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.

× Konsultasi Online Gratis